mahasiswa-uaa-berperan-optimalisasi-mutu-kesehatanWorkshop Mahasiswa KKN UAA di Dusun Kentolan Lor, Guwosari, Pajangan, Bantul.(istimewa)


Yvesta Putu Ayu Palupi
Mahasiswa UAA Berperan Optimalisasi Mutu Kesehatan

SHARE

KORANBERNAS.ID,YOGYAKARTA--Mahasiswa Universitas Alma Ata Kelompok 2 Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT UAA) mengadakan workshop di Dusun Kentolan Lor, Guwosari, Pajangan, Bantul. Program ini dilaksanakan dalam rangka pengabdian masyarakat untuk mewujudkan dan meningkatkan mutu kesehatan.


“Program ini untuk mengoptimalkan peran mahasiswa dalam pengabdian masyarakat, serta menanggulangi permasalahan kesehatan dan ekonomi masyarakat di wilayah Dusun Kentolan Lor, Guwosari, Pajangan, Bantul,” papar Herwinda Kusuma Rahayu, SGz MPH, Dosen Prodi S1 Ilmu Gizi selaku Dosen Pembimbing Lapangan Kelompok KKN-T 02 Kentolan Lor dalam keterangan tertulisnya, Jumat (30/9/2022).


Menurut Herwinda, program tersebut merupakan program gabungan antara prodi gizi, farmasi, keperawatan, teknik informatika, dan manajemen. Program dilaksanakan pada Minggu, 17 Juli 2022 dibalai makam dusun kentolan lor.

Sosialisasi yang dilakukan pada workshop tersebut tentang pemenuhan gizi keluarga disertai demo MP-ASI, Pemanfaatan tanaman obat keluarga (TOGA) sebagai anti hipertensi diserta demo pembuatan wedang jahe dan teh telang. Selain itu mahasiswa juga berperan meningkatkan strategi dan produktifitas pemasaran usaha mikro kecil menengah (UMKM) disertai demo pembuatan bolu bayam.


“Warga juga diberikan pembelajaran tips and trik YouTube. Sosialisasi disampaikan oleh Afiatin Yaqutut Mukromah dan Emelda MFarm serta mahasiswa Universitas Alma Ata,” ujarnya.

Selain sosialisasi dilakukan juga pemeriksaan kesehatan meliputi tekanan darah, kolestrol, gula darah, dan asam urat secara gratis dengan target utama yaitu para lansia didusun kentolan lor. Kegiatan dihadiri kurang lebih 50 warga yang sebelumnya berpuasa.

Kegiatan pemeriksaan ini dapat membantu masyarakat dalam mengontrol kesehatannya. Selain itudapat memberikan data hasil pemeriksaan kepada puskesmas setempat agar segera ditindaklanjuti.

“Kegiatan pengabdian masyarakat dalam KKN-T selama kurang lebih 2 bulan terakhir ini diharapkan tidak hanya memberikan manfaat pada mahasiswa sebagai wadah dalam mengaplikasikan teori yang didapatkan selama masa perkuliahan, namun juga memberikan dampak yang besar bagi masyarakat di sekitar kampus, khususnya di Dusun Kentolan Lor, Pajangan, Bantul,” jelasnya.

Ahmad Khalim selaku Kepala Dukuh Kentolan Lor memaparkan, semua anggota mahasiswa KKNT dari tiap prodi dapat berkolaborasi sesuai kompetensi masing-masing untuk mewujudkan peningkatan ekonomi dan kesehatan di lokasi KKNT.

“Dengan adanya kegiatan workshop dari temen-temen KKN-T Universitas Alma Ata tersebut, saya berharap bisa menambah pengetahuan masyarakat, sehingga meningkatkan mutu kesehatan bagi masyarakat, bahkan untuk meningkatkan ekonimi juga,” ungkapnya.(*)

 

 


TAGS: KKN  UAA  Guwosari 

SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini