media-massa-berperan-penting-publikasikan-tahapan-pemiluDiskusi anggota KPU Kebumen dengan wartawan peserta media gathering. (istimewa)


Nanang W Hartono
Media Massa Berperan Penting Publikasikan Tahapan Pemilu

SHARE

KORANBERNAS.ID, KEBUMEN -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada semua tingkatan memiliki perangkat komunikasi dan informasi yang memadai, namun peran media massa dalam publikasi pemilu khususnya Pemilu serentak 2024 dinilai penting. Media massa bisa menjadi sumber informasi untuk pemilih.


Inilah salah satu bagian dari diskusi Media Gathering yang diselenggarakan KPU Kebumen, Senin (3/10/2022) dan Selasa (4/10/2022). Media gathering diikuti wartawan media cetak, elektronik dan siber yang bertugas di Kabupaten Kebumen.


Ketua KPU Kebumen, Yulianto, mengungkapkan pemilih yang berusia di bawah 35 tahun jumlahnya lebih dari 50 persen. Peran media massa sangat penting untuk mengkomunikasikan tahapan dan teknis pemilu, sehingga kelompok pemilih yang biasa disebut pemilih milenial, tertarik untuk mencermati tahapan, teknis dan program Pemilu yang sedang berjalan.

Wartawan media  massa punya "gaya" penulisan yang berbeda-beda. KPU tidak mungkin mengarahkan gaya tulisan wartawan, tetapi media massa diyakini mampu mempublikasikan informasi kepemiluan yang menarik untuk publik, khususnya pemilih.


Yulianto berharap, media massa bisa bersama-sama KPU dan peserta pemilu menjadikan pemilu tidak hanya sebagai sarana konstitusi penggantian kepemimpinan legislatif dan eksekutif, tetapi juga terwujud pemilu yang lebih demokratis.

Anggota KPU Kebumen Agus Hasan Hidayat menambahkan, peran media massa sangat dibutuhkan untuk melengkapi publikasi informasi yang belum dimiliki KPU.

“KPU Kebumen perlu membangun hubungan dengan media massa, agar informasi tahapan pemilu bisa sampai ke masyarakat, pembaca media massa,” ujarnya. (*)


TAGS: KPU  Kebumen 

SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini