Rabu, 27 Okt 2021,


mengurus-dokumen-kependudukan-kini-lebh-mudahPeluncuran ADM di Mal Pelayanan, Kelurahan Wates, Kapanewon Wates, Kulonprogo, Selasa (21/9/2021). (istimewa)


Anung Marganto
Mengurus Dokumen Kependudukan Kini Lebh Mudah

SHARE

KORANBERNAS.ID, KULONPROGO -- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kulonprogo  meluncurkan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) sebagai bentuk pelayanan prima kepada masyarakat. Acara peluncuran dilaksanakan di Mal Pelayanan, Kelurahan Wates, Kapanewon Wates, Kulonprogo, Selasa (21/9/2021).


Hadir dalam acara tersebut Bupati Kulonprogo Sutedjo, Staf Ahli Bupati bidang KSDM Bambang Sutrisno, Kepala DPMPT Agung Kurniawan, Wakil dari Dinas Kominfo Cahyono, Pemimpin Cabang Bank BPD Wates Suroso, Panewu Anom Kapanewon Wates Yuli Indriyatna, serta Ketua Bodronoyo Dwi Andana.


Kepala Dinas (Kadis) Dukcapil Kulonprogo, Aspiyah, mengatakan Dinas Dukcapil Kabupaten Kulonprogo berusaha memberikan pelayanan yang semakin mendekatkan dan memudahkan masyarakat dengan penerapan pelayanan secara online dan pencetakan dokumennya bisa secara mandiri dengan memanfaatkan  ADM.

“Mesin ADM merupakan hadiah/bentuk apresiasi dari Menteri Dalam Negeri RI melalui Dirjen Dukcapil Kemendagri. Mesin ini merupakan implemetasi Permendagri Nomer 7 tahun 2019 tentang Pelayanan Administrasi secara Daring,” kata Aspiyah.


Menurut Aspiyah, mesin ADM ini dihadiahkan kepada Dinas Dukcapil Kulonprogo karena memperoleh penghargaan kategori Dukcapil BISA Ranking I dengan nilai A untuk kriteria Kabupaten dengan jumlah penduduk rendah (kurang dari 500.000 jiwa). Sesuai arahan Dirjen Dukcapil, guna mengoptimalkan alat tersebut maka diletakkan di tempat yang banyak orang dan mudah terjangkau serta operisionalnya terlindung dan tidak terganggu.

“Disdukcapil memilih lokasi pemasangan ADM ini di Kantor Mal Pelayanan Publik Kulonprogo karena dinilai cukup strategis dan di sana juga memiliki tempat layanan kependudukan dan pencatatan sipil,” terang Aspiyah.

Bupati Kulonprogo, Sutedjo, berharap ADM tersebut berfungsi sebagai salah satu fasilitas cetak dokumen kependudukan (KTP el, KIA, Kartu Keluarga, Akte Kelahiran, Akte Kematian, dan lain-lain) bagi warga secara mandiri sebagai upaya mendekatkan dan memudahkan bagi masyarakat Kulonprogo.

“Kami berharap masyarkat dapat memanfaatkan alat ADM untuk memudahkan proses sehingga layanan tersebut dapat cepat dan mudah,” kata Sutedjo.

Sementara warga Sentolo, Galih Pitoyo, ikut mencoba demo pencetakan akte kelahiran, KK dan KIA yang mengurus akte kelahiran 3 in 1 bagi anaknya. Ia sangat senang karena surat-surat yang diurusnya selesai dengan cepat. (*)



SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini