Jumat, 03 Des 2021,


menuju-ppkm-level-2-purworejo-mendatangkan-40-ribu-sinovacWarga mengikuti vaksinasi di Pantai Jatimalang Purworejo, Kamis (21/10/2021).(w asmani/koranbernas.id)


Wahyu Nur Asmani EW
Menuju PPKM Level 2, Purworejo Mendatangkan 40 Ribu Sinovac

SHARE

KORANBERNAS.ID,PURWOREJO -- Beberapa pekan terakhir Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, masih menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3. Namun seiring turunnya kasus Covid-19, kabupaten itu berupaya menurunkan  level PPKM dengan cara percepatan vaksinasi.

Karenanya Pemkab Purworejo akan mendatangkan 40.000 dosis vaksin. Dengan kedatangan vaksin tersebut rencananya sentra vaksinasi akan kembali digelar di beberapa wilayah Kabupaten Purworejo.


"Hari ini kita (Polres) kedatangan vaksin banyak, termasuk juga Dinas Kesehatan, barangnya belum sampai sini, tapi sudah menuju kesini, untuk Polres sekitar 10.000 dosis, untuk Dinkes sekitar 30.000," ungkap Kasi Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) Polres Purworejo, Ipda Warsino saat ditemui pada kegiatan vaksinasi di kawasan wisata Pantai Dewaruci, Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, Kamis (21/10/2021).

Dengan adanya stok dosis vaksin yang melimpah, sentra vaksinasi akan kembali digelar. Diketahui sebelumnya sentra vaksinasi baru digelar oleh Pemkab Purworejo di Pendapa Kabupaten.


"Jadi banyak ini ya, mulai minggu depan kita akan melaksanakan sentra vaksinasi lagi seperti kemarin saat di Pendapa Kabupaten Purworejo. Nantinya kita utamakan untuk dosis satu," jelasnya.

Untuk mengantisipasi kerumunan saat sentra vaksinasi akan dilakukan koordinasi secara matang oleh semua pihak yang terlibat. Pelaksanaannya juga akan dilakukan di berbagai titik untuk menghindari penumpukan pendaftar vaksin.


"Jadi untuk menghindari kerumunan ya, massal itu pasti orang banyak, nanti akan kita koordinasikan dengan pihak-pihak terkait. Kemungkinan juga akan digelar dibeberapa tempat, jadi tidak satu tempat, mungkin ada yang di Pendapa atau di Kutoarjo dan yang lainnya, nanti kita buka dibeberapa wilayah agar orang tidak berduyun-duyun menuju satu titik," terangnya.

Jenis vaksin yang datang kali ini, kata Warsino, baik untuk Polres maupun Dinkes adalah jenis Sinovac. Namun, saat ini Dinkes juga masih memiliki stok vaksin jenis Astrazeneca.

Vaksin jenis Sinovac ini dinilai paling aman saat ini karena bisa digunakan untuk ibu hamil, pelajar bahkan lansia. "Vaksin Sinovac ini bisa digunakan untuk umur 12 tahun ke atas," ungkap Warsino.


Untuk capaian vaksinasi di Kabupaten Purworejo, sampai Rabu (20/10/2021) mencapai 44,7 persen untuk dosis pertama. Sedangkan untuk dosis kedua mencapai 23,7 persen.

"Jadi kita masih dibawah 50 persen untuk capaian vaksinasi, mudah-mudahan jika kita mencapai 50 persen bisa menuju ke level 2, karena saat ini Purworejo masih pada level 3, yang terpenting harus tetap prokes dan tidak meremehkan," ungkapnya.(*)



SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini