Jumat, 03 Des 2021,


menyerap-aspirasi-pelajar-lewat-lomba-digital-festivalSalah satu anggota DPRD Kabupaten Purworejo memberikan hadiah kepada pemenang lomba puisi. (w asmani/koranbernas.id)


Wahyu Nur Asmani EW
Menyerap Aspirasi Pelajar Lewat Lomba Digital Festival

SHARE

KORANBERNAS.ID, PURWOREJO--Ada banyak cara DPRD Kabupaten Purworejo menjaring aspirasi akar rumput. Kali ini wakil rakyat ingin mendengarkan aspirasi dari para pelajar atau yang disebut sebagai generasi milineal atau generasi Z.


Dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73, DPRD Kabupaten Purworejo menyelenggarakan festival digital untuk pelajar dan masyarakat umum.

  • Mapsi Ajarkan Akhlak Generasi Milenial
  • Contohlah Jack Ma, Bukan Ma Jack

  • Ketua DPRD Purworejo Dion Agasi Setiabudi dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan tersebut selaras dengan semangat lembaga yang dipimpinnya yakni Go Digital. Gelaran festival digital bertajuk “Go Digital, Be The Best” terdiri atas 3 cabang kompetisi, yakni Lomba Menulis Surat untuk Wakil Rakyat, Baca Puisi, dan Vlog Pariwisata. Lomba Menulis Surat untuk Wakil Rakyat diperuntukkan bagi pelajar SMA sederajat, Lomba Vlog dan Lomba Baca Puisi untuk pelajar SMP sederajat, dan Lomba Vlog diperuntukkan bagi masyarakat umum.

    “Kami sangat mengapresiasi tingginya antusias peserta dalam festival digital ini. Apalagi karya-karya yang dikirim sangat kreatif dan berkualitas,” kata Dion.


    Menurutnya, festival digital menjadi rangkaian Hari Jadi DPRD Kabupaten Purworejo Tahun 2021. Kompetisi digelar sebagai upaya penguatan DPRD dalam menyesuaikan diri dengan dunia digital.

    Selain mendorong kreativitas, melalui lomba menulis surat dan baca puisi DPRD sekaligus ingin menjaring aspirasi dari para pelajar. Selanjutnya, melalui lomba vlog, masyarakat khususnya generasi muda diharapkan turut mendukung promosi dan pengembangan pariwisata Purworejo.

    “Minat seni dan kreativitas dari para pelajar dan masyarakat harus terus difasilitasi, meskipun dalam keterbatasan akibat pandemi. Dengan festival kali ini kita juga ingin menunjukkan adanya kolaborasi antara DPRD dan masyarakat,” ungkapnya.

    Jumlah peserta yang mendaftar pada perlombaan ini sebanyak 86 orang. Usai menerima hadiah masing-masing menampilkan hasil karya mereka kepada anggota DPRD dan tamu

    Untuk lomba baca puisi diraih oleh Juara pertama Zahrotuz Zakiyah (MTs An-Nawawi Berjan) nilai 345, Juara dua, Mayangsih Imas Kaniraras (SMP N 20) nilai 338, dan Juara tiga Mely Ana Ayu Safitri (SMP N 3) nilai 336.

    Kemudian Juara Harapan adalah, pertama Siti Umi Sulaim (MTs N 2) nilai 332, kedua Dominica Raya Nada Bening (SMP N 2) nilai 328 dan ketiga Hanifa Zulfa Annisa (SMP N 3) nilai 324.

    Juara Lomba Menulis Surat kepada wakil rakyat, pertama Dwaynimay Farrel Rajendra (SMA N 1) nilai 495, kedua Ristiana Agustin (SMA N 7) nilai 470 dan Tri Budiyani (SMA N 3) nilai 455.

    Juara Lomba Vlog Pariwisata pertama Dona Evi Fitriana (nilai 502), kedua Eka Susanti (487) dan Arip Adi Purnomo (480).

    Penyerahan hadiah dilakukan oleh Ketua DPRD Purworejo Dion Agasi Setiyabudi, di susul wakil ketua dan anggota DPRD lainnya usai Rapat Paripurna dengan agenda pembahasan Raperda tentang APBD Kabupaten Purworejo TA 2022, Rabu (24/11/2021), bertempat di gedung Paripurna DPRD Kabupaten Purworejo. (*)

     

     


    TAGS: generasiZ  milenial 

    SHARE



    '

    BERITA TERKAIT


    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    Tulis Komentar disini