miliki-banyak-usaha-omzet-blud-lebih-dari-setengah-miliar


Sariyati Wijaya
Miliki Banyak Usaha, Omzet BLUD Lebih dari Setengah Miliar

SHARE

KORANBERNAS.ID, BANTUL -- Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Sewon Bantul ditetapkan sebagai SMK Badan Layanan Umum  Daerah (BLUD) pada tahun 2021 berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur DIY Nomor 259/KEP/2020 tertanggal 7 September 2020.


Dengan status BLUD, maka SMKN 1 Sewon yang beralamat di Pulutan Kalurahan Pendowoharjo Kapanewon Sewon Bantul ini diberi keleluasaan mengelola keuangan sendiri terutama terkait layanan jasa maupun produk yang dihasilkan untuk dijual kepada masyarakat luas.

  • Dua Rumah Terancam Longsor
  • Chef Hotel Bintang Lima Latih Ibu-ibu di Desa

  • “Untuk DIY jumlah SMK BLUD itu ada tiga dan satu di antaranya adalah SMKN 1 Sewon,” kata Marniah SPd, Koordinator BLUD,  kepada koranbernas.id di kantornya, Rabu (7/12/2022).

    SMK yang saat ini di bawah kepemimpinan Kepala Sekolah Widada MPd tersebut memiliki beberapa unit usaha yang kemudian tergabung dalam One’Se Production. One artinya satu dan Se diambil dari kata Sewon.

  • Geguritan Angin Semilir Saka Pesisir Kidul Diluncurkan
  • Pripun Kabare Enak Jamanku To..

  • Adapun Unit Layanan Jasa (ULJ) yang ada disesuaikan dengan kompetensi keahlian -- dulu  bernama jurusan -- yang ada di sekolah yakni One’Se Culinary, One’Se Fashion & Creative,One’Se Hair & Beauty,One’Se Hotel & Laundry,One’Se Tour & Travel, One’Se Computer serta ada juga One’Se kantin, mini market dan copy center.

    Untuk ragam produk One’Se Culinary berupa Cake & Bakery dengan varian burger, hot dog, roti pisang, roti sisir, roti abon, roti keju, roti oe, roti sobek, roti sosis, roti vla, brutus almond dan pizza mini. Juga beraneka jenis kue kering serta melayani snack box dan lunch box.

    Untuk One’Se Fashion & Creative ada butik busana pesta, butik busana casual serta konveksi yang bisa menjahit berbagai jenis  seragam.Untuk Craft dan Creative ada pembuatan box pouch, zipper pouch, tote bag, sling bag, sarung bantal dan kursi serta jenis kerajinan lainnya.

    Peragaan busana karya pelajar SMKN 1 Sewon Bantul. (istimewa)

    One’Se Hair & Beauty dengan unit usaha salon yang bisa melayani facial, creambath, manicure, pedicure, pangkas rambut, perawatan badan, styling, rias hijab dan pewarnaan rambut.

    One’Se Hotel & Laundry memiliki jenis usaha Edohotel Kasongan serta Amaryllis Hotel yang lokasinya di SMKN 1 Sewon. One’Se Tour & Travel memiliki jenis usaha tour package untuk Yogyakarta Outbond Tour di cave Tubing Goa Pindul, Yogya Adventure Tour ke Lava Tour Merapi serta paket Wonderful 2D1N Bantul Tour.

    Melayani pula ticketing pesawat dan kereta api serta menjual souvenir travel kit. Jasa lainnya adalah reservasi hotel, pulsa regular, ekspedisi, pembayaran listrik, melayani pembayaran tagihan telepon dan PDAM.

    Sedangkan One’Se Computer melayani desain packaging, photobook, guest book, greeting card, kalender meja, lunch box, tas spundbond, paper bag dan aneka produk lainnya seperti custom barang. “Untuk mereka yang memesan produk ataupun jasa kami banyak yang berasal dari instansi maupun lembaga pendidikan,” kata Marniah. Selain juga masyarakat umum.

    Usaha konveksi melayani pesanan berbagai jenis busana dan seragam, salah satu unit usaha milik BLUD SMKN 1 Sewon Bantul. (istimewa)

    Pada tahun pertama (2021) dari target omzet Rp 302,4 juta tercapai Rp 317 juta. Sementara tahun 2022 dari target Rp 400,5 juta hingga penutupan November 2022 sudah tercapai omzet Rp 512 juta atau setengah miliar lebih.

    Alhamdulillah target  tercapai bahkan melebihi,” katanya. Tebanyak pemesanan adalah untuk jenis  makanan dan busana. Dalam  menjalankan berbagai  unit usaha tersebut, mereka memiliki karyawan dan juga dibantu para siswa secara bergiliran.

    “Dengan seringnya para siswa ini praktik dan membuat pesanan maka kemampuan mereka akan semakin bertambah. Jadi dari segi keterampilan siswa adanya BLUD ini sangat membantu peningkatan kualitas dan dari sisi pendapatan juga menjadi pemasukan untuk sekolah,” katanya. (adv)


    TAGS: smkn1 sewon bantul 

    SHARE
    '

    BERITA TERKAIT


    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    Tulis Komentar disini