mitra-bukalapak-meraih-kenaikan-partisipasi-dari-pemilik-warungUdin, Mitra Bukalapak asal Yogyakarta. (istimewa)


Siaran Pers
Mitra Bukalapak Meraih Kenaikan Partisipasi dari Pemilik Warung

SHARE

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA -- Mitra Bukalapak, pemimpin pasar platform online-to-offline (o2o) di Indonesia, mengumumkan tahun ini hampir 50.000 anggota Komunitas Juwara aktif berpartisipasi pada berbagai acara yang diselenggarakan oleh Mitra Bukalapak.


Jumlah ini mewakili kenaikan hingga 70 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Dengan pertumbuhan jumlah anggota komunitas yang positif dari waktu ke waktu, saat ini pemilik warung yang tergabung di Komunitas Juwara mencapai 120 ribu orang.

  • Remaja Milenial Jogja Diajak Kreatif

  • Komunitas Juwara merupakan komunitas yang dibentuk oleh Mitra Bukalapak untuk mengumpulkan para pemilik warung, kios pulsa dan agen individual yang tersebar di seluruh Indonesia.

    Mitra Bukalapak merangkul para pemilik warung di Indonesia dan membentuk komunitas Juwara, yang saat ini menjadi komunitas warung terbesar di Indonesia.


    “Salah satu program andalan kami untuk mempertemukan serta mengedukasi para pemilik warung dan UMKM lainnya supaya bisa naik kelas dengan digitalisasi,” ungkap Becquini Akbar, VP Mitra Operation & Commerce, Mitra Bukalapak.

    Melalui rilisnya, Kamis (1/12/2022), dia menyampaikan pihaknya mengumpulkan seluruh anggota Juwara di berbagai kegiatan online dan offline. “Di sini mereka dapat saling berbagi cerita sukses yang kemudian menginspirasi Mitra Bukalapak lainnya untuk terus tumbuh dan menjadi agen perubahan di lingkungan mereka,” kata dia.

    Acara yang diselenggarakan oleh Mitra Bukalapak bagi seluruh anggota Komunitas Juwara itu terdiri dari Spesial Kumpul Juwara (SKJ), Kopi Darat Juwara, Belajar Bareng Mitra (BBM) dan Spesial Kumpul Juwara Kemerdekaan (SEMARAK).

    Para pemilik warung berkesempatan mempelajari berbagai trik menghadapi persaingan bisnis era digital dengan mendalami strategi mengoptimalkan fitur-fitur di aplikasi Mitra Bukalapak.

    Acara SKJ tahun ini pertama kalinya digelar secara offline setelah dua tahun diadakan secara online. Dimulai pada bulan Agustus, SKJ diadakan di sepuluh kota di Indonesia yaitu Solo, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Bandung, Jakarta, Makassar, Bali, Lampung, Palembang.

    Becquini Akbar menyampaikan, sebagai penutup rangkaian SKJ tahun 2022, Mitra Bukalapak akan menggelar Spesial Kumpul Juwara Akhir Tahun (SPEKTA) pada 17 Desember 2022 dengan target hingga lebih dari 4.000 peserta dari seluruh nusantara.

    Acara ini akan memuat kaleidoskop kegiatan Komunitas Juwara bersama Mitra Bukalapak sepanjang tahun 2022 sebagai penyemangat baru bagi para Mitra dalam menyambut tahun 2023.

    “Lewat acara ini, para peserta juga dapat mengikuti bermacam aktivitas seperti kompetisi Juwara, Juwara Rewind, dan Juwara Belajar Spesial,” ucapnya.

    Mitra Bukalapak asal Solo, Haryani, mengungkapkan dirinya memperoleh banyak manfaat dari Komunitas Juwara lewat teman-teman dan jaringan baru yang ditemuinya pada berbagai acara yang digelar oleh Komunitas Juwara.

    Hal ini sangat membantu Haryani meningkatkan pendapatan warungnya, yang akhirnya bisa digunakannya untuk membeli rumah.

    “Acara-acara yang digelar di Komunitas Juwara menjadi sarana saya untuk berkenalan dengan teman-teman baru dan akhirnya saling berbagi tips dan info bisnis, misalnya produk apa yang sedang laris di suatu daerah. Saya bisa mendapat inspirasi baru untuk menambah varian produk warung saya agar makin lengkap, “ ceritanya.

    Sementara Udin, Mitra Bukalapak asal Yogyakarta, mengaku mendapatkan banyak kesempatan untuk menjadi narasumber berbagai acara kumpul Komunitas Juwara.

    Dia sangat menikmati momen berbagi cerita dan ilmu kepada sesama Mitra Bukalapak karena di situlah ia merasa memiliki support system dan keluarga lainnya.

    “Selain itu, berbagai aktivitas di Komunitas Juwara juga dikemas dengan pendekatan-pendekatan yang kreatif dan berbeda-beda, sehingga kami diajak untuk bisa mengeksplorasi diri bukan hanya sebagai pemilik warung, melainkan membuka berbagai ide bisnis lainnya yang diajarkan di Mitra Bukalapak agar kami bisa naik kelas,” ujarnya.

    Seperti diketahui, Mitra Bukalapak merupakan lini bisnis o2o milik Bukalapak dengan perkembangan yang positif, sekaligus penggerak utama pertumbuhan perusahaan. Pada kuartal ketiga tahun ini, Mitra Bukalapak berkontribusi terhadap 48 persen Total Processing Value (TPV) Bukalapak.

    Merujuk hasil riset yang dilakukan Nielsen pada Mei 2022, Mitra Bukalapak memimpin digitalisasi warung dengan penetrasi sebesar 56 persen.

    Pada akhir September 2022, sebanyak 15.2 juta pemilik warung dan UMKM lainnya dari seluruh Indonesia terdaftar sebagai Mitra Bukalapak, yang merupakan peningkatan dari 11.8 juta pada akhir Desember 2021. (*)


    TAGS: Bukalapak  Mitra 

    SHARE
    '

    BERITA TERKAIT


    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    Tulis Komentar disini