motor-terendam-puluhan-tahun-di-dasar-sungai-akan-dipamerkan-di-event-ics-2022Konferensi Pers penyelenggaraan Indonesian Custom Show 2022 di SiLol coffee & eatery (muhammad zukhronnee muslim/koranbernas.id)


Muhammad Zukhronnee Muslim
Motor Terendam Puluhan Tahun di Dasar Sungai akan Dipamerkan di Event ICS 2022

SHARE

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA -- Perhelatan Indonesian Custom Show 2022 atau ICS 2022 akan terselenggara dalam hitungan hari lagi. Pameran dan kontes otomotif yang digelar oleh PT JOGJA HAHE HAHE ini akan berlangsung 13-14 Agustus 2022 di Jogja Expo Center (JEC).


Dilaksanakan pada bulan Kemerdekaan Republik Indonesia, Pride & Nationalism menjadi tema yang diusung oleh ICS 2022. Tema tersebut juga diharapkan menjadi perwujudan semangat para pegiat otomotif dalam berkarya. Seperti diketahui, banyak builder, modifikator, sampai pegiat otomotif bangga menorehkan unsur nasionalisme pada karyanya.

  • Jajanan Lokal yang Masuk Mall

  • Sebelum penyelenggaraannya, ICS 2022 mengadakan press conference di Silol Kopi & Eatery, Jalan Suroto Kotabaru Yogyakarta. Temu media tersebut juga mendatangkan Budhi Winarno (Project Director ICS 2022), B Kunto Wibisono (Show Director ICS 2022), Made (Show & Shine), Nohan Mahendra (Commercial Director ICS 2022) dan Aan dari Sinten Remen Chop’s & Ride.

    Tak hanya itu berbagai program eksibisi menarik lainnya juga dipaparkan. Masih berkaitan dengan sejarah Indonesia, salah satu motor bersejarah yang akan dipamerkan adalah motor ARIEL 350cc tahun 1937. Motor tersebut merupakan harta karun Sungai Brantas yang ditemukan seorang penambang pasir.


    Ya motor keluaran Inggris tersebut terendam selama puluhan tahun di dasar Sungai Brantas. Penjelasan mengenai motor tersebut nantinya akan dipaparkan di ICS 2022,” kata Made.

    Aan, pemilik bengkel motor klasik Sinten Remen Chop’s and Ride, mengapresiasi acara ini karena berkesempatan untuk membagi pengalamannya dari awal menjajaki dunia custom di era 80-90’an. Nantinya dia akan memamerkan karya dari “zaman”nya. “Bahwa tahun segitu, kita sudah punya motor custom kaya gini,” katanya.

    Area parkir barat JEC juga akan dipenuhi dengan booth marketplace yang beraneka ragam. Sehingga, tidak hanya pegiat atau pelaku otomotif saja yang dapat menikmati acara.

    “Jadi di dalam pameran motor dan mobil, kan juga ada industri yang bergerak di dalamnya. Seperti produk-produk untuk custom, apparel hingga lifestyle-nya. Kami mengajak brand-brand yang sudah dikenal seperti Von Dutch, Benelli, Motul, brand Vespa, Aprilia, Moto Guzzi dan juga Piaggio yang nanti akan ada program- program menarik yang mereka tawarkan kepada pengunjung selama acara,” jelas Nohan.

    Selain itu, juga akan disajikan kuliner-kuliner yang kategorinya otentik di Jogja seperti Sate Klathak Pak Pong, Bakmi Pak Gembel, Tongseng Ayam Sudimoro, Gudeg Yu Djum, Rujak Es Cream Pak Paino. “Jadi harapannya, yang datang ke ICS sudah merasa keliling Jogja,” lanjutnya.

    Kurang rasanya jika acara otomotif tidak ada panggung hiburan. Panggung Indonesian Custom Show 2022 akan dimeriahkan oleh musisi-musisi lokal, Shaggydog, Feel Koplo, Wika Salim, dan Luna Maya.

    Pada akhir acara, pengundian untuk Lucky Draw menutup acara Indonesian Custom Show 2022. Dua pengunjung yang beruntung, berhak mendapatkan 1 motor custom dan 1 mobil custom.

    “Dengan modal beli tiket Rp 50.000 per harinya, berkesempatan dapet motor atau mobil custom," tambahnya.

    Ada juga acara sepeda santai atau Freedom Ride yang akan berlangsung Minggu (14/8/2022) pagi. Acara gowes sepeda lipat itu juga dilengkapi undian doorprize berupa satu unit motor custom dan satu unit sepeda brompton custom.

    “Jadi nanti, Minggu pagi, hari kedua, akan ada program tambahan berupa Freedom Ride. Selesai gowes akan ada pembagian doorprize. Hadiah utamanya berupa satu unit motor custom dan brompton custom,” jelasnya.

    Lebih lanjut, Nohan Mahendra mengatakan penyelenggara juga akan menyediakan tempat parkir khusus bagi pengunjung yang membawa kendaraan yang telah di-custom. Kendaraan-kendaraan itu akan ditempatkan parkir JEC sebelah utara yang sangat luas.

    “Bagi temen-temen pengunjung yang juga hobi custom yang membawa kendaraan andalannya, jangan khawatir, nanti kita akan sediakan tempat parkir khusus kendaraan hobi atau custom,” kata Nohan.

    Sedangkan Kunto Wibisono menjelaskan keistimewaan ICS 2022 dari banyaknya pameran atau kontes otomotif serupa yang kerap diselenggarakan di Indonesia. ICS 2022 menitikberatkan seleksi kontes dengan cara yang berbeda. Ia ingin acara otomotif yang rencananya diselenggarakan setiap bulan Agustus ini menjadi unik.

    “Latar belakang ICS adalah untuk memerdekakan dunia otomotif custom Indonesia. Beberapa waktu sebelum merangkai program ICS, kita juga sudah meriset beberapa pameran atau kontes otomotif serupa. Biasanya kontes proses seleksinya dengan genre, tetapi kita mencoba menyeleksi para kontestan dengan regional (negara asal kendaraan dibuat),” ucap Kunto.

    Opening ceremony Indonesian Custom Show 2022 akan dilaksanakan pukul 09:00 tanggal 13 Agustus 2022. “Insya Allah akan dibuka oleh Bambang Soesatyo selaku Ketua Ikatan Motor Indonesia, Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih, perwakilan dari ICS dan masih dalam konfirmasi, Sandiaga Uno juga diharapkan dapat menghadiri opening ceremony Indonesian Custom Show 2022,” tambahnya.

    Budhi menjelaskan, kegiatan pada acara ini akan memenuhi seluruh area JEC. Namun, pengunjung tidak perlu khawatir untuk memarkir kendaraannya. Pihak ICS 2022 telah menyiapkan kantong parkir yang luas di belakang gedung JEC. (*)


    TAGS: ICS  JEC 

    SHARE
    '

    BERITA TERKAIT


    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    Tulis Komentar disini