Rabu, 19 Jan 2022,


musik-tanpa-batas-cara-ikonser-menjaring-musisi-baruAhmad Sobirin, CEO iKonser Channel saat Konferensi pers virtual Musik Tanpa Batas. (istimewa)


Muhammad Zukhronnee Muslim
Musik Tanpa Batas, Cara iKonser Menjaring Musisi Baru

SHARE

KORANBERNAS ID, YOGYAKARTA -- Perkembangan teknologi digital yang melaju cepat dalam satu dekade terakhir, tak pelak juga berpengaruh besar terhadap industri musik di seluruh dunia, tidak terkecuali di negeri kita. Lewat berbagai platform musik digital, para musisi semakin mudah untuk memasarkan karyanya secara luas.

"Digitalisasi teknologi ini pun menjadi sumbu yang memicu munculnya musisi-musisi baru yang tidak terbilang jumlahnya," papar Ahmad Sobirin, CEO iKonser Channel, saat konferensi pers virtual, Rabu (5/1/22).

Menyambut gairah perkembangan industri musik digital yang tak terelakkan itu, pihaknya sebagai media hiburan yang menayangkan konser musik dan hal yang terkait dengan musik, turut berkontribusi secara nyata dalam perkembangan tersebut.

"Selain mempunyai channel televisi kabel, juga mengkreasi platform digital berupa aplikasi iKonser untuk menjangkau khalayak pencinta musik yang lebih luas. Secara khusus generasi millenial yang hidup di dunia digital, terutama untuk semakin memudahkan mereka mengakses konten-konten baru seputar konser musik," katanya.

Salah satu konten musik yang sukses dikreasi oleh iKonser adalah Borneo Goes To Prambanan Jazz Festival 2021, sebuah aktivasi pencarian bakat-bakat baru di Kalimantan untuk tampil panggung besar Prambanan Jazz Festival.

Program ini faktanya bisa menjadi jembatan penghubung bagi musisi-musisi yang selama ini masih minim publikasi. Lewat platform digital yang dimiliki iKonser, mereka bisa menunjukkan karyanya kepada khalayak yang lebih luas.

Terkini, iKonser menginisiasi ajang pencarian bakat-bakat baru di dunia musik yang aktivasinya meliputi pencarian bakat dan pendokumentasian skena musik dengan pendekatan dokumenter dari Wilayah Jateng dan DIY.

Aktivasi bertajuk Musik Tanpa Batas: Ajang Pencarian Musisi Baru dan pendokumentasian skena musik dari Jateng dan DIY ini diselenggarakan atas kerja sama antara iKonser, Metranet, dan Telkom Regional 4 yang meliputi wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ketiga pihak tersebut secara bersama-sama telah bertekad untuk ikut terlibat secara langsung dalam perkembangan musik di tanah air.

Agus SH, Creative Program Musik Tanpa Batas, menambahkan tahapan-tahapan aktivasi pencarian bakat musisi baru tersebut adalah pertama band/musisi melakukan registrasi sebagai peserta aktivasi Musik Tanpa Batas; Ajang Pencarian Musisi Baru dan Rekam Skena di Wilayah Jateng dan DIY melalui website www.ikonser.id. Yaitu dengan cara mengumpulkan data administrasi beserta 2 (dua) karya video live session dan 1 (satu) video greeting dan profile band/musisi pendaftar.

Tahap kedua, semua video peserta yang lolos seleksi administrasi akan diunggah ke kanal Youtube iKonser oleh tim iKonser Channel secara bertahap. Dari video-video yang telah diunggah tersebut akan diseleksi untuk mencari 20 band/musisi yang akan lolos untuk tahap selanjutnya.

"Penilaian pada tahap ini adalah berdasarkan viewers YouTube dan penilaian juri independen yang terdiri dari individu-individu yang qualified di bidang musik," lanjutnya.

Tahap ketiga, 20 (dua puluh) band/musisi yang terpilih pada seleksi babak kedua akan ditayangkan di ikonser channel useeTV Ch. 459 SD/959 HD dengan jadwal tayang yang telah ditentukan. Dari tayangan di channel televisi iKonser tersebut, kemudian akan diseleksi dan dipilih 10 besar band/musisi yang akan ikut pada babak grand final.

“Penilaian pada babak ini adalah berdasarkan viewers tertinggi di channel televisi iKonser dan voting tertinggi pada aplikasi iKonser yang saat ini dapat di download di Playstore," imbuhnya.

Tahap keempat, 10 band/musisi yang berhasil lolos sampai grand final 10 akan tampil secara offline untuk menentukan empat pemenang yang akan ditentukan langsung oleh beberapa juri yang qualified di bidang musik. Komposisi juri tersebut terdiri dari musisi dan pihak iKonser sebagai penyelenggara.

Tahap kelima, pemenang utama akan mendapatkan sejumlah uang tunai dan berkesempatan menjadi salah satu guest star pada Jogjarockarta 2022 atau Prambanan Jazz 2022 (sesuai dengan genre).

Tiga pemenang lainnya akan tampil pada panggung yang sama dengan musisi nasional pada iKonser Fest 2022 yang rencana nya akan diadakan pada Sabtu, 26 Maret 2022, secara offline dan akan disiarkan langsung di iKonser Channel, applikasi iKonser, dan juga akan mendapatkan hadiah uang tunai. (*)



SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini