nonton-festival-vw-dunia-berpeluang-peroleh-door-prize-vw-safariPanitia JVWF berfoto dengan mobil VW safari yang menjadi door prize (muhammad zukhronnee muslim /koranbernas.id)


Muhammad Zukhronnee Muslim
Nonton Festival VW Dunia Berpeluang Peroleh Door Prize VW Safari

SHARE

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA -- Perhelatan Jogja VolksWagen Festival (JVWF) adalah kegiatan dua tahunan yang selalu melibatkan banyak pelaku kreatif. Tidak hanya merangkul penggemar otomotif atau pecinta mobil VW saja tetapi banyak pihak seperti pelaku ekonomi kreatif, seniman di Yogyakarta.


Perhelatan JVWF  juga memberi dampak positif bagi ekonomi daerah. Bayangkan saja, ribuan pecinta otomotif dari segala penjuru lalu bersenang-senang di Yogyakarta. Okupansi hotel tinggi dan UMKM juga semakin bergairah.


Tahun ini JVWF hadir dengan konsep yang lebih matang. Panitia penyelenggara JVWF 2022 mengatur jumlah pengunjung dengan cara menampilkan event secara hibrid. Pengunjung yang ingin datang langsung minimal harus mengantungi dua sertifikat vaksin.

"Penyelenggaraan kegiatan offline di Candi Prambanan juga dirancang tidak hanya terkonsentrasi pada satu titik. Kegiatan akan terbagi dalam tujuh zona dengan batasan maksimal 150 orang setiap zona," kata Sumartoyo, Head Manager Volkswagen Club Yogyakarta saat konferensi pers, Sabtu (2/7/2022).


Perbedaan lainnya adalah tempat. Jika biasanya digelar di tempat tertutup seperti Jogja Expo Center (JEC) perhelatan ke-5 JVWF rencananya digas di Venue Angsa Mandala Candi Prambanan 16-17 Juli 2022. "Kami sengaja memilih tempat terbuka untuk menyesuaikan kondisi saat ini," ujarnya.

Keputusan itu sejalan dengan keinginan Pemerintah Daerah (Pemda) yang terus menjaga agar kasus pandemi Covid-19 tidak melenting naik.

Wakil Gubernur DIY Paku Alam X memberi masukan penyelenggara festival JVWF 2022 ini wajib memperhatikan protokol kesehatan dalam pelaksanaannya. Selain itu pemilihan Prambanan sebagai venue sesuai dengan tema Go Green yang diusung.

JVWF 2022 akan merangkul lebih dari 25.000 pengunjung baik secara online maupun offline dari seluruh klub VW se-dunia. Pada pertemuan itu panitia berharap terjadi komunikasi, interaksi dan kesepakatan kerja sama dengan pengusaha-pengusaha dalam negeri khususnya bidang otomotif.

"Pelaku UMKM, maupun pelaku usaha bidang ekonomi kreatif dan Pariwisata sehingga memasifkan geliat ekonomi daerah seperti sebelum dihantam pandemi," lanjutnya.

JVWF 2022 punya banyak aktivitas menarik. Pertama main event meliputi displai koleksi mobil VW. Pameran secara offline akan memamerkan mobil VW dari berbagai tipe, dari Klasik sampai kustom. Kuota terbatas untuk 20 peserta dan tidak ada kejuaraan. Untuk virtualnya sedikit lebih banyak yakni 30 peserta.

Target peserta diutamakan kolektor mobil Volkswagen di Indonesia maupun luar negeri seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Jepang, Australia, Eropa dan Amerika. Pameran online-nya sendiri akan menggunakan teknologi digital dengan kamera 360.

Lalu Show n Shine, yakni ajang kontes mobil VW berbagai tipe, baik Klasik maupun kustom secara online dan offline. Untuk offline, pameran akan dihelat dalam tenda roaders. Hanya 40 peserta yang bisa memamerkan koleksi mereka.

Untuk pameran online-nya, peserta wajib mengirimkan foto dan video mobil Volkswagen ke penyelenggara sesuai peraturan yang berlaku. Rencananya pameran online dibatasi 80 peserta.

Khusus untuk JVWF #5 tahun 2022 kali ini akan diadakan juga kontes pagi pemula dengan memperebutkan Piala Wakil Gubernur DIY Paku Alam X.

Main event lain yang selalu ditunggu yaitu swap meet dan bursa jual-beli part, merchandise serta pernak-pernik otomotif saat event berlangsung. Momen ini juga dihelat secara virtual. Pengunjung dari mancanegara juga dapat bertransaksi ke lapak virtual JVWF 2022.

Selanjutnya Karnaval Performer Art yang akan menampilan pembauran seni budaya yang diselaraskan dengan gelaran otomotif. Ada pula Food Truck & Foud Court dengan sajian kuliner produksi pelaku usaha UMKM.

JVWF 2022 juga memberikan edukasi yang penting bagi pecinta otomotif melalui podcast yang akan menghadirkan insan atau tokoh pegiat VW dunia maupun dari Indonesia. Lalu mereka juga memfasilitasi para builder untuk mempresentasikan karya agar lebih dikenal masyarakat.

"Yang paling mendebarkan tentu saja door prize atau hadiah bagi pengunjung yang berkesempatan memperoleh satu unit mobil VW. Kupon undian dapat diperoleh dengan membeli tiket masuk dan lewat Bundling pembelian aneka produk dari mitra JVWF. Tiket hanya seharga Rp 75 ribu, semua berhak mendapatkan," kata dia.

Kedua, supporting event meliputi displai dan kontes vespa, car fun game, diecast competition, kompetisi foto, VW safari herritage tour, camper Van community dan gowes jelajah candi. (*)


TAGS: JVWF  Yogyakarta 

SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini