partisipasi-pilur-evoting-di-sleman-ternyata-lebih-tinggiBupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, dan Wakil Bupati, Danang Maharsa, foto bersama kedua Lurah terlantik, Kamis (16/12/2021). (istimewa)


Nila Hastuti
Partisipasi Pilur E-voting di Sleman Ternyata Lebih Tinggi

SHARE

KORANBERNAS.ID, SLEMAN -- Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, didampingi Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, kembali mengambil sumpah dan melantik Lurah untuk gelombang II, Kamis (16/12/2021), di pendopo Parasamya, Sleman. Ada dua Lurah yang dilantik pada gelombang II tahun 2021 ini, yakni Lurah terpilih Sumberarum, Moyudan, Sukamto dan Lurah terpilih Selomartani, Kalasan, Sigit Tri Suhartoyo.


Kustini mengatakan, pada saat ini desa sudah bukan lagi menjadi obyek pembangunan, namun subyek pembangunan. Sekarang, lanjutnya, paradigma tersebut sudah berubah menjadi “desa membangun”. Oleh sebab itu, Kustini berharap para Lurah terlantik untuk segera menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kalurahan untuk jangka waktu 6 tahun yang ditetapkan dengan peraturan Kalurahan.


“Penyusunan perancanaan pembangunan tersebut harus dilaksanakan secara partisipatif oleh Pemerintahan Kalurahan dengan melibatkan lembaga kemasyarakatan dengan disusun secara sistematis, terarah, terpadu, menyeluruh dan tanggap terhadap perubahan dan dinamika masyarakat,” kata Kustini.

Kustini juga menilai bahwa pelaksanaan pemilihan lurah di Kabupaten Sleman tahun 2021 dengan sistem e-voting ini mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat. Hal tersebut terlihat dari partisipasi masyarakat yang terus meningkat menjadi 76,36% dari pemilihan lurah tahun 2020 sebesar 73,9%.


Menurutnya, pelaksanaan pemilihan lurah secara e-voting pada dasarnya ditujukan untuk mewujudkan pemilihan lurah yang lebih efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.

“Sehingga pemilihan lurah secara e-voting ini dapat menghasilkan lurah yang berkualitas dan sesuai dengan aspirasi masyarakat,” tutur Kustini. (*)



SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini