Sabtu, 12 Jun 2021,


pasukan-ini-bekerja-24-jam-demi-pelanggan-pdamDirektur PDAM - TBS Kebumen Zein Musta'in meresmikan Pasukan Air Lancar yang dipimpin Tasliman. (nanang w hartono/koranbernas.id)


Nanang W Hartono
Pasukan Ini Bekerja 24 Jam Demi Pelanggan PDAM

SHARE

KORANBERNAS.ID, KEBUMEN--Manajemen Perusahaan Umum Daerah Tirta Bumi Sentosa (PDAM-TBS) berkomitmen meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan. Diantaranya, kelancaran air yang sampai ke konsumen.


Direktur PDAM - TBS Kebumen Zein Musta'in, SE, MM, PFM, kepada wartawan di sela acara Pembinaan dan Pengarahan BUMD oleh Sekretaris Daerah Kebumen, Kamis (6/5/2021) menjelaskan, saat ini kapasitas produksi air minum PDAM - TBS Kebumen mencapai 400 liter perdetik. Ditambah 50 liter per detik dari Perusahaan Daerah Air Bersih Jateng. Dengan jumlah pelanggan 32.681 sambungan rumah tangga dan kantor, ketersediaan air minum untuk pelanggan lebih dari cukup.


Agar kelancaran air ke pelanggan terjaga, PDAM - TBS Kebumen membentuk tim yang disebut Pasukan Air Lancar. Pasukan ini akan bertanggungjawab terhadap kelancaran aliran dan produksi air.

“Pasukan ini siaga 24 jam melayani pelanggan, misalnya ada kebocoran pipa,” kata Zein Musta'in.


Pelanggan bisa melaporkan keluhannya, pasukan ini yang akan menindaklanjuti, jika berhubungan dengan pemeliharaan jaringan pipa air minum.


Pada Lebaran tahun ini, pasukan ini tetap siaga 24 jam. Demi meningkatkan pelayanan, PDAM - TBS Kebumen menyiapkan genset di instalasi pengolahan, jika sewaktu waktu terjadi pemadaman listrik PLN.


Zein mengungkapkan, kepatuhan pelanggan membayar tagihan penggunaan air sangat bagus. Hal ini ditunjukkan tingkat kolektabilitas yang mencapai 98,20 persen. Sebanyak 53 persen telah memanfaatkan aplikasi online untuk pembayaran tagihan, lainnya membayar tunai di loket pembayaran.

Sekretaris Daerah Kebumen H Ahmad Ujang Sugiono, SH dan Dewan Pengawas PDAM - TBS Kebumen Ida Indrayani Achmal MT berharap, karyawan PDAM - TBS Kebumen dalam melayani pelanggan, penuh kesabaran dan senyum. Setiap keluhan dan pengaduan pelanggan, hendaknya dilayani dengan cepat. Apapun suasana hati pelanggan, karyawan harus melayani dengan baik dan sabar.

“Meskipun keluhan pelanggan belum tentu kesalahan PDAM, karyawan tidak boleh berselisih dengan pelanggan. Layani dengan baik,” kata Ujang Sugiono. (*)

 

 



SHARE


'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini