Kamis, 05 Agu 2021,


patahkan-kutukan-adu-pinalti-italia-juara-piala-eropa-2020Skuad Italia dalam Piala Eropa 2020 (sumber foto : World News Media)


--
Patahkan Kutukan Adu Pinalti, Italia Juara Piala Eropa 2020

SHARE

KORANBERNAS.ID,YOGYAKARTA -- Italia akhirnya berhasil menjadi juara Piala Eropa 2020. Tim Azzurri memenangi final melawan Inggris dalam adu pinalti 3-2 (1-1) di Stadion Wembley, London, Senin (12/7/2021) dini hari WIB.

Kemenangan ini sangat membanggakan Gianluigi Donnarumma dkk. Bilamana tidak, gelar yang sama dibawa pulang Italia pada 1968 silam. Gianluigi Donnarumma, Giovanni Di Lorenzo, Leonardo Bonucci, Giogio Chiellini, Emerson, Nicolo Barella, Jorginho, Marco Verratti, Federico Chiesa, Ciro Immobile, Lorenzo Insigne kali ini berhasil kembali membawa Piala Eropa ke Roma.

Roberto Mancini, sang pelatih menurunkan tim dengan format 4-3-3. Skuad pemain yang diturunkannya pun tak sia-sia mampu menghadang Inggris 1-1 hingga akhir pertandingan.

Sedangkan Inggris memilih formasi 3-4-3. Jordan Pickford, Kyle Walker, John Stones, Harry Maguire; Kieran Trippier, Kalvin Phillips, Declan Rice, Luke Shaw, Mason Mount, Harry Kane, Raheem Sterling diturunkan sebagai pemain utama.



Kemenangan Azzurri kali ini mematahkan "kutukan" adu pinalti yang sering membuat tim tersebut kalah. Dari catatan sejarah, Italia menang 4 dari 10 adu pinalti dalam turnamen besar.

  • Mau Beli Bubur, Sinar Dihajar Rombongan Suporter

  • Inggris unggul lebih dulu 1-0 saat pertandingan baru berjalan dua menit. Kieran Trippier berhasil melakukan umpan silang dari sisi kanan yang disambut tendangan Luke Shaw ke gawang Donnarumma.

    Namun pada babak kedua, Italia membalikkan keadaan dengan bermain lebih cepat. Menekan Inggris, Italia pada menit ke-49 menyamakan kedudukan melalui tendangan bebas setelah Insigne dilanggar Raheem Sterling sedikit di luar kotak penalti pada menit ke-49. Insigne yang menjadi eksekutor melesakkan tendangan ke pojok kanan gawang Jordan Pickford.



    Hingga akhir babak kedua, tidak ada tambahan gol meski ada peluang di kedua kubu. Bahkan dua kali perpanjangan pertandingan pun tak membuat satu gol pun.

    Akhirnya adu pinalti pun harus dilewati kedua tim. Mental juara Italia yang membuktikan dalam drama adu penalti kali ini.

    Tiga penendang penalti Italia, Domenico Berardi, Leonardo Bonucci, dan Federico Bernardeschi mampu menjalankan tugas dengan baik. Hanya hanya Andrea Belotti dan Jorginho yang gagal melesakkan tendangan karena Pickford mampu menghadangnya.

    Sementara di kubu Inggris, tiga pemain seperti Marcus Rashford, Jadon Sancho, dan Bukayo Saka gagal sebagai eksekutor. Hanya Harry Kane dan Harry Maguire yang mampu membobol gawang Italia. Forza Italia! (*)




    SHARE



    '

    BERITA TERKAIT


    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    Tulis Komentar disini