Kamis, 27 Jan 2022,


pelanggan-air-program-pamsimas-bertambah-2004-rumah-tanggaPeresmian Pamsimas di Desa Jatimulyo Kecamatan Alian Kebumen. (istimewa)


Nanang W Hartono
Pelanggan Air Program Pamsimas Bertambah 2.004 Rumah Tangga

SHARE

KORANBERNAS.ID, KEBUMEN -- Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, Selasa (7/12/2021), meresmikan 40 unit Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) yang dipusatkan di Desa Jatimulyo  Kecamatan Alian.


Arif Sugiyanto mengatakan, penyediaan air bersih merupakan keharusan yang dilakukan pemerintah kepada masyarakat. Masyarakat punya hak untuk mendapatkan air bersih berkelanjutan dengan infrastruktur yang memadai.


Program Pamsimas ini mampu menghasilkan infrastruktur air minum dan sanitasi berskala kecil dengan pembiayaan yang relatif rendah dan kualitas konstruksi yang baik. Pelaku program diharapkan dapat meningkatkan dampak positif yang dihasilkan.

Melalui program ini diharapkan ketersedian air bersih di Kebumen semakin merata. Masyarakat semakin sehat dan mampu mengubah perilaku tidak lagi buang air sembarangan, yang bisa mencemari lingkungan sekitar.


Kontribusi desa-desa, masyarakat serta pihak-pihak yang peduli dengan air minum dan sanitasi sangat diharapkan untuk dapat menyukseskan program Pamsima ini. “Saya harap tahun 2024 seluruh desa di Kebumen sudah bisa mendapatkan fasilitas air bersih,” kata Arif Sugiyanto.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Kebumen Haryono Wahyudi menambahkan, program ini telah menambah jumlah rumah tangga yang memanfaatkan air bersih.

Selama tahun 2021, setidaknya sudah 2.004 rumah tangga yang terpasang sambungan air bersih. Adapun sumber dana dari APBN Dana Desa dan swadaya masyarakat. “Alhamdulillah sudah terlaksana program Pamsimas di 40 desa," kata Wahyudi Haryonom.

Pamsimas 2021 terbagi menjadi 4 program yakni Pamsimas Reguler dengan sumber dana APBN sebanyak 15 desa, Pamsimas Reguler dengan sumber dana APBD sebanyak 5 desa, Pamsimas Hibah Insentif Desa dengan sumber dana APBN sebanyak 18 desa, dan Pamsimas Hibah Insentif Desa MAMA (Air Minum Aman Layak Minum) dari APBN sebanyak 2 desa. (*)


TAGS: Pamsimas  Kebumen 

SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini