Kamis, 05 Agu 2021,


pelatihan-kuis-interaktif-berbasis-teknologi-informasiSuasana pelatihan (Istimewa)


--
Pelatihan Kuis Interaktif Berbasis Teknologi Informasi
Untuk mendukung pembelajaran secara Daring di SMP Negeri 1 Jaten, Karanganyar
SHARE

SEBANYAK 38 guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Jaten, mengikuti kegiatan Pelatihan Kuis Interaktif berbasis Teknologi Informasi, yang diselenggarakan Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Vokasional Teknik Elektronika (PVTE) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta. Kegiatan Pelatihan dibuka oleh Kepala SMP N 1 Jaten, Kab. Karanganyar, dan dipandu oleh Wakil Kepala SMP N 1 Jaten pada (18/05/2021).  


Pelatihan berlangsung pada hari Kamis (06/05/2021) hingga hari Jumat (07/05/2021). Hari pertama, Kamis (06/05/2021), Pelatihan diawali dengan sambutan dari Kepala Sekolah SMP N 1 Jaten, Kab. Karanganyar Drs. Harry Pramudjoko. Ia mengatakan, pelatihan kuis interaktif berbasis teknologi informasi sangat dibutuhkan untuk membantu guru melakukan evaluasi kepada murid secara daring pada era pandemi ini.

  • Yogyakarta Uji Coba Tanam Kopi di Lahan Perkotaan
  • Pelatihan Ini Bakal Cetak Karakter Generasi Milenial

  • Wakil Kepala Sekolah Yuni Sri Rejeki S.Pd juga menyambut baik kegiatan ini, karena dapat mendukung guru-guru dalam mengevaluasi siswa melalui media kuis interaktif. “Karena teknologi semakin berkembang sehingga kompetensi guru juga harus lebih berkembang, sehingga pelatihan seperti ini diperlukan untuk guru-guru dalam upaya peningkatan kompetensi guru,” ujarnya.

    Sedangkan Ketua Tim PKM Dosen PVTE UAD, Adhy Kurnia Triatmaja, M. Pd. menekankan kompetensi pengetahuan dan keterampilan teknologi informasi oleh guru pada masa pandemi Covid-19 di mana pembelajaran harus dilaksanakan secara online pasti sangat dibutuhkan. Terlebih lagi bagi guru yang belum melek teknologi informasi, guru yang belum cukup memiliki kompetensi pengetahuan dan keterampilan teknologi informasi, akan mengalami kendala pada proses pembelajaran online yang dilaksanakan. “Pelatihan pembuatan kuis interaktif berbasis teknologi informasi dapat memberikan manfaat pengetahuan dan keterampilan tentang pembelajaran daring, terutama kemudahan dalam membuat kuis, baik dari sisi guru maupun sisi siswa. Harmonisasi antara melek teknologi informasi dan mengajar dengan hati, sangat diperlukan agar proses pembelajaran di sekolah menjadi bermakna dan berkualitas,” ucapnya.


    Pelatihan menghadirkan narasumber Adhy Kurnia Triatmaja, M. Pd. dengan materi Pelatihan Kuis Interaktif menggunakan Kahoot!, yang dilakukan pada hari pertama secara luring di ruang guru SMP N 1 Jaten, Kab. Karanganyar dengan protokol kesehatan yang ketat. Pada pelatihan ini, guru melakukan praktik langsung baik menggunakan perangkat komputer maupun perangkat smartphone. Guru diminta membuat soal yang nantinya dapat diujikan secara langsung kepada teman yang lain yang berperan sebagai siswa. Guru di SMP N 1 Jaten Kab. Karanganyar, sangat aktif dalam mengikuti pelatihan ini, selain itu ada banyak guru yang sudah familiar dengan media Kahoot!, sehingga pelatihan dapat dilakukan dengan baik dan mendapat hasil yang maksimal.

    Pada hari kedua, Jumat (07/05/2021) Anggota Tim PKM Dosen PVTE UAD Barry Nur Setyanto, M. Pd. memberikan materi tentang Pembuatan Kuis Interaktif dengan menggunakan Quizizz. “Guru-guru di sini ternyata sudah biasa menggunakan Google Classroom, sehingga kita menambahkan kuis interaktif lain yang dapat disinkronkan dengan Google Classroom, tujuanya ya agar peserta didik lebih senang dalam mengerjakan kuis dan tidak terkesan monoton,” ujar Barry. Kegiatan pelatihan dilakukan dengan praktik langsung yang dibantu oleh tim yang sedia untuk mendatangi guru-guru yang mengalami masalah, tim tersebut adalah mahasiswa PVTE yang bertugas menangani guru-guru yang ketinggalan ketika pelatihan.

    Tim PKM Dosen PVTE UAD berharap, setelah selesai pelatihan ini, guru SMP N 1 Jaten Kab. Karanganyar memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk menerapkan berbagai strategi pembelajaran daring (online), sehingga keaktifan siswa pada proses pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 meningkat. “Kami berharap guru-guru di sekolah lain di Kab. Karangnyar juga dapat menerapkan kuis interaktif yang disediakan secara gratis, sehingga peserta didik dapat mengerjakan tugas lebih menyenangkan dibandingkan tugas yang monoton,” Ujar Adhy selaku Ketua Tim PKM. *

    Adhy Kurnia Triatmaja M.Pd

    Dosen PVTE UAD Yogyakarta



    SHARE



    '

    BERITA TERKAIT


    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    Tulis Komentar disini