pembatalan-pencairan-dana-rtlh-kabupaten-purworejo-tahun-2022-tak-seizin-dprdKetua Komisi II DPRD Kabupaten Purworejo Jawa Tengah Tunaryo. (wahyu nur asmani ew/koranbernas.id)


Wahyu Nur Asmani EW
Pembatalan Pencairan Dana RTLH Kabupaten Purworejo Tahun 2022 Tak Seizin DPRD

SHARE

KORANBERNAS.ID, PURWOREJO -- Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Purworejo Jawa Tengah, Tunarya, membantah pihaknya terlibat dalam pembatalan pencairan dana RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) 2022.


Sebagaimana berita koranbernas.id, Sabtu (26/11/2022),  berjudul Bedah Rumah Warga Miskin Batal, Kepala Dinas Meminta Maaf, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Purworejo, Eko Paskiyanto, mengatakan pihaknya membatalkan pencairan dana RTLH 2022 sudah melalui kesepakatan dengan DPRD Kabupaten Purworejo.


Tunaryo yang juga merupakan politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu mengatakan pihaknya tidak pernah diajak membahas penundaan pencairan dana RTLH.

"Kita tidak pernah membuat statemen penundaan pencairan dana RTLH, tidak ada  kesepakatan atau pembicaraan mengenai hal tersebut. Kita pernah rapat dengan Dinas Perkimtan tanggal 25 Oktober 2022 membahas Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2023," jelas Tunaryo melalui sambungan telepon seluler, Minggu (27/11/2022).


Dia membeberkan, di dalam rapat 25 November 2022, salah seorang anggota Komisi II menanyakan progres RTLH, barulah Dinas Perkimtan mengatakan pencairan dana RTLH 2022 ditunda tahun 2023. Di situ, pihaknya baru mengetahui dari jawaban jajaran Dinas Perkimtan.

Aakhirnya rapat tersebut tidak ada penyelesaian, maka diagendakan  rapat lagi  tanggal 28 Oktober 2022. "Kita sarankan untuk dirapatkan di Banggar (Badan Anggaran) karena semua fraksi lengkap. Dan rapat dijadwalkan ulang 28 Oktober 2022 dengan Dinas Perkimtan adapun hasilnya tetap tidak penyelesaian," sebut Tunaryo.

Dia menambahkan DPRD Kabupaten Purworejo tidak pernah membuat statemen tidak cairnya dana RTLH 2022.

"Justru kita mendorong pencairan dana RTLH 2022 bisa terlaksana. Sebaliknya kalau dana tersebut tidak bisa dicairkan tahun ini kita sangat prihatin," kata dia.

Menurut dia, keprihatinan itu muncul karena RTLH itu pokok pikiran dewan untuk masyarakat yang membutuhkan perbaikan rumah agar layak huni. Tentu saja dengan mekanisme sesuai standar yang berhak mendapatkan.

"Pencairan dana RTLH yang dibatalkan Dinas Perkimtan itu, sudah dibahas pada tahun 2021 dan semua tahapan sudah dilalui," tandasnya. (*)


TAGS: Purworejo  RTLH 

SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini