pemkab-gunungkidul-gencarkan-program-sedekah-bukuKegiatan sosialisasi program Sajisaka di ruangan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gunungkidul Wonosari Kamis (18/8/2022). (sutaryono/koranbernas.id)


Sutaryono
Pemkab Gunungkidul Gencarkan Program Sedekah Buku

SHARE

KORANBERNAS.ID, GUNUNGKIDUL -- Dinas Perpusatakaan dan Kearsipan Pemkab Gunungkidul kini menggencarkan  kegiatan sedekah buku melalui Program Satu Jiwa Satu Pustaka (Sajisaka) dengan penggalangan donasi buku.


Pelaksana Tugas Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gunungkidul, Agus Hartadi, menyatakan penggalangan donasi buku ini akan menyasar banyak pihak mulai dari pemerintah, perseorangan, lembaga pemerintah, swasta, pegiat literasi dan forum komunitas perseorangan.


“Sajisaka kita gerakkan secara masif tidak hanya di kota, namun juga pelosok pedesaan dengan jemput bola,” kata Agus Hartadi dalam kegiatan sosialisasi gerakan sedekah buku yang digelar di ruang pertemuan Dinas Perpusatakaan dan Kearsipan, Kamis (18/8/2022).

Menurutnya, program Sajisaka ini juga sebagai upaya menggerakkan masyarakat dan semua lini untuk mendukung gerakan sedekah buku, serta mengupayakan terpenuhinya buku di ruang-ruang publik yang dikelola oleh masyarakat.


“Ini juga salah satu upaya kita membiasakan kegemaran membaca dan meningkatkan minat dan kegemaran membaca bagi masyarakat,” ujarnya.

Masyarakat yang ingin mengikuti program ini, menurut dia, cukup mudah. Hanya menyiapkan buku yang masih layak digunakan dan dimasukkan kotak yang sudah disiapkan.

“Nantinya kotak-kotak ini akan diletakkan di tempat-tempat srategis yang mudah dijangkau masyarakat,” jelasnya.

Bunda Literasi Kabupaten Gunungkidul, Diah Purwanti Sunaryanta, mendukung Program Sajisaka. Bahkan pihaknya mengajak seluruh lapisan masyarakat ikut gerakan aksi sedekah buku.

Dengan upaya ini donasi buku terus mengalir dan jumlah eksemplar buku yang diperoleh semakin banyak. “Buku yang disalurkan semakin meningkat, dan penerima manfaat Sajisaka juga semakin banyak,” katanya.

Berdasarkan data Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gunungkidul, target  buku yang diperoleh pada kegiatan ini hingga 16 Agustus 2022 sebanyak 643 eksemplar. Jumlah tersebut jauh lebih banyak dari target yang dicanangkan sebanyak 500 eksemplar.

Hadir dalam sosialisasi program Sajisaka ini panewu di lingkungan Pemkab Gunungkidul, anggota organisasi atau komunitas literasi serta segenap jajaran struktural, fungsional pustakawan dan staf dilingkungan Dispussip Gunungkidul. (*)



SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini