pemkab-sleman-dampingi-umkm-agar-bisa-naik-kelasBupati Sleman, Kustini Sri Purnomo meninjau produk UMKM dari Kapanewon Tempel. (istimewa)


Nila Hastuti
Pemkab Sleman Dampingi UMKM agar Bisa Naik Kelas

SHARE

KORANBERNAS.ID, SLEMAN -- Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo meresmikan Garasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kantor Kapanewon Tempel, Rabu (3/8/2022).


Peresmian ditandai pemotongan pita oleh bupati didampingi Asisten Sekda 1, Aji Wulantara, Plt Panewu Tempel, Suyanto serta Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Haris Martapa.


Kustini sangat mendukung upaya pengembangan UMKM. Pascapandemi, ekonomi masyarakat perlu ditingkatkan melalui kegiatan dan inovasi pengembangan UMKM.

Kustini menyampaikan Pemkab Sleman akan melakukan pendataan yang dilanjutkan pembentukan regulasi serta pendampingan kepada UMKM.


“Dalam rangka mewujudkan UMKM Sleman naik kelas maka diperlukan kolaborasi antar-stakeholder untuk bersama-sama kita menggerakkan dan mengembangkan UMKM,” kata Kustini.

Dia berharap, diresmikankannya Garasi UMKM Kapanewon Tempel ini dapat mempermudah UMKM mempromosikan produknya. Melalui Forkom UMKM Tempel, Kustini berharap UMKM di Tempel dapat naik kelas melalui digitalisasi sehingga potensi-potensi bisa diangkat melalui teknologi dan internet.

“Saya berharap dengan inovasi Garasi UMKM dapat menyatukan UMKM yang ada di Tempel sehingga mudah diakses oleh masyarakat maupun wisatawan yang berkunjung ke Tempel,” kata Kustini.

Plt Panewu Tempel, Suyanto, mengatakan Garasi UMKM merupakan salah satu upaya Kapanewon Tempel untuk memfasilitasi pelaku UMKM.

Melalui Forkom UMKM Tempel, diharapkan dapat mengelola sedemikian rupa untuk memberikan akses serta pendampingan kepada UMKM, mulai produksi dari hingga pemasarannya.

“Tujuan kami mewujudkan One Village, One Product atau memaksimalkan potensi produk khas yang ada di beberapa kalurahan atau desa di Kapanewon Tempel,” kata Suyanto.

Kapanewon Tempel memiliki beberapa potensi produk khas termasuk kuliner di Lumbungrejo dengan jadahnya kemudian Banyurejo ada bebek bacem serta brongkos.

Pondokrejo memiliki produk kerajinan payung dan harapannya dapat disusul kalurahan lainnya untuk memaksimalkan potensi masing-masing. (*)


TAGS: UMKM  Tempel 

SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini