penerima-bansos-peroleh-layanan-pemeriksaan-kesehatan-gratisSuasana pemeriksaan kesehatan gratis di depan gedung Amarta Desa Sudimoro Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten, Selasa (29/11/2022). (masal gurusinga/koranbernas.id)


Masal Gurusinga
Penerima Bansos Peroleh Layanan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

SHARE

KORANBERNAS.ID, KLATEN -- Penyaluran bantuan sosial tunai di Gedung Amarta Kantor Desa Sudimoro Kecamatan Tulung dan di Desa Mrisen Kecamatan Juwiring Kabupaten Klaten, Selasa (29/11/2022),  disambut antusias Keluarga Penerima Manfaat (KPM).


Di sela-sela penyaluran bantuan mereka juga memperoleh layanan pemeriksaan kesehatan gratis dari petugas Puskesmas, bidan desa dan kader posyandu.


Di Kantor Desa Sudimoro Kecamatan Tulung, KPM yang sudah menerima bantuan sosial tunai PKH, bansos sembako tunai dan subsidi dampak kenaikan harga BBM dari petugas kantor pos, dipersilakan langsung meninggalkan gedung dan memeriksakan kesehatannya di gerai yang telah dibuka petugas, sebelum bantuan disalurkan.

Gerai layanan pemeriksaan kesehatan gratis dibuka petugas dari Puskesmas Majegan, bidan desa dan kader posyandu, lokasinya dekat pintu keluar gedung.


"Setelah menerima bantuan, warga diperiksa kesehatannya. Diperiksa gula darah, tensi, berat badan, tinggi badan dan pinggang," kata Titin, kader posyandu Desa Sudimoro.

Kepala Desa Sudimoro, Agus Harwanto, yang menyaksikan langsung proses penyaluran bantuan sosial tunai menyatakan, selain menyalurkan bantuan sosial tunai kegiatan juga ditandai pemeriksaan kesehatan warga.

Di Desa Sudimoro tercatat 412 KPM yang menerima bantuan sosial tunai dari Kementerian Sosial melalui Kantor Pos.

Bantuan sosial tersebut berupa PKH, bansos sembako tunai dan subsidi dampak kenaikan harga BBM. Setiap orang rata-rata menerima Rp 900 ribu.

Terpisah, Pemerintah Desa Mrisen Kecamatan Juwiring bekerja sama dengan petugas Puskesmas Juwiring, juga melaksanakan kegiatan serupa.

Di sela-sela penyaluran bansos tunai di kantor desa setempat, dilaksanakan pemeriksaan kesehatan gratis terhadap KPM yang hendak menerima bantuan.

Di Desa Mrisen tercatat 278 KPM yang menerima bantuan sosial tunai. Penyaluran bansos tunai berjalan lancar. (*)


TAGS: bansos  Klaten 

SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini