Senin, 19 Apr 2021,


pengetan-jumenengan-patuh-protokol-kesehatanAgus Bastian saat memberikan sambutan pada Pengetan Jumenengan Hari Jadi Purworejo ke-190. (istimewa)


Wahyu Nur Asmani EW
Pengetan Jumenengan Patuh Protokol Kesehatan

SHARE

KORANBERNAS.ID, PURWOREJO--Puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten Purworejo ke-190 ditandai dengan pergelaran Pengetan Jumenengan pada Sabtu (27/02/2021) malam, di Pendopo Agung Kabupaten Purworejo. Agus Bastian dan Yuli Hastuti, yang baru saja dilantik pada hari sebelumnya, langsung mengikuti prosesi tersebut.


Dalam setiap Pengetan Jumenengan, selalu ditampilkan dua pagelaran utama. Yakni Beksan Kidung Cakra dan Beksan Cakra Tunggal. Beksan Kidung Cakra merupakan tarian yang ditampilkan khusus pada Pengetan Jumenengan Bupati pertama Purworejo RAA Tjokronegoro I. Sedangkan Beksan Cakra Tunggal merupakan sebuah karya yang terinspirasi dari tokoh Bupati RAA Tjokronegoro I.


Saat tampil, seluruh seniman yang dibagi ke dalam pemusik dan penari, tetap menggunakan masker guna menjalankan protokol kesehatan (prokes). Tamu yang hadirpun dibatasi dan juga menerapkan prokes.

Pengeten Jumenengan dilaksanakan secara terbatas, namun disiarkan secara live streaming dari channel youtube Romansa Purworejo Indonesia. Setelah ini, akan ada kegiatan parade budaya yang akan diselenggarakan secara visual dan akan ditayangkan mulai tanggal 1-4 Maret.


Bupati Purworejo Agus Bastian, pada kesempatan itu mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-bersama membangun wilayah, demi mewujudkan Purworejo Berdaya Saing 2025.


“Sudah banyak hasil yang kita rasakan namun ke depan perlu ditingkatkan lagi,” katanya.(*)


 



SHARE


'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini