Selasa, 18 Mei 2021,


pentas-pergantian-tahun-digelar-virtualKadinpar Bantul, Kwintarto Heru Prabowo (sariyati wijaya/koranbernas.id)


Sariyati Wijaya
Pentas Pergantian Tahun Digelar Virtual

SHARE

KORANBERNAS.ID,BANTUL -- Menutup  tahun 2020, Dinas Pariwisata (Dinpar) Bantul akan menggelar kegiatan pentas virtual di laman youtube pariwisatabantul. Ada tiga pentas virtual yang akan dilakukan pada Kamis, 31 Desember mulai pukul 19.00 WIB yakni  profil digital desa wisata, festival desa wisata, dan pentas malam tahun baru.


“Kami menggelar pentas virtual dalam rangka menghindari kerumunan. Karena masih situasi pandemi covid-19,” kata Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto Heru Prabowo S Sos, Minggu (20/12/2020).


Selain menggelar pentas virtual, dalam pergantian tahu baru pihaknya juga meminta  masyarakat ataupun pelaku pariwisata untuk tidak menggelar atraksi saat malam pergantian tahun.

“Kami akan menutup obyek yang ada di Bantul pada tanggal 31 Desember mulai pukul 18.00 WIB. Ini untuk mengantisipasi, jangan sampai terjadi gelombang wisatawan atau pengunjung yang menyebabkan kerumunan massa di Bantul,”kata Kwin.


Pihaknya juga sudah melakukan sejumlah persiapan dalam menyambut wisatawan yang akan menikmati liburan Natal 2020 dan tahun baru 2021 (Nataru). Kegiatan libur Nataru Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bantul sesuai dengan kebijakan pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta, yakni  tetap akan melaksanakan kegiatan pariwisata.


“Kegiatan diawali dengan  pengendalian pariwisata. Kita telah mengadakan rapat koordinasi dengan aparat kepolisian, TNI, dan TNI AL yang ada di kawasan pantai selatan. Saat liburan,  semua harus tetap menerapkan protokol kesehatan,” tambah Kwin.


Untuk menghadapi  lonjakan jumlah wisatawan akan dilakukan penambahan personil yang bekerja sama dengan stakeholder terkait seperti unsur pemerintah, jajaran kepolisian, dan koramil untuk pengendalian tempat pembayaran retribusi (TPR) di objek wisata.  Untul libur Natal  ada penambahan jadi 114 personil dari  biasanya hanya 62 personil. Libur tahun baru penambahan menjadi sebanyak 125 personil.

“Selain mengenai protokol kesehatan, tidak kalah penting selalu hati-hati dan taat rambu saat berwisata di Bantul. Karena libur Nataru bertepatan dengan musim hujan maka agar tetap memperhatikan  faktor keselamatan dan keamanan,”katanya.

Sementara itu Anggota Pokdarwis Pantai Goa Cemara, Sanden, Fajar Subekti mengatakan hingga saat ini pihak pantai pengelola belum adanya rencana untuk acara perayaan malam tahun baru.

“Menyadari situasi pandemi, maka kami tidak akan menggelar pementasan atau kegiatan pada malam pergantian tahun yang bisa menyebabkan kerumunan massa,” ujarnya.

Begitupun ketika ada komunitas atau kelompok mayarakat yang ijin merayakan pergantian tahun di Goa Cemara, ketika memang dari Dinas Parwisata   Bantul mengeluarkan larangan, maka pengelola Goa Cemara tentu tidak mengeluarkan ijin tersebut. (*)



SHARE


'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini