pentas-seni-harus-tetap-pakai-maskerPentas seni kerawitan di Bangsal Sewokoprojo Wonosari, pemain tetap menggunakan masker. (sutaryono/koranbernas.id)


Sutaryono
Pentas Seni Harus Tetap Pakai Masker

SHARE

KORANBERNAS.ID, GUNUNGKIDUL -- Meski masih  dalam kondisi pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul tetap membuka peluang bagi warga untuk melaksanakan pentas atau atraksi seni.


Hanya saja, semua yang terlibat dalam pentas tersebut harus tetap mematuhi protokol kesehatan, termasuk memakai masker.

  • Demi Keamanan Siapkan Masker Cadangan
  • Puskesmas Diminta Bantu Optimalkan Tracing

  • Kundho Kabudayan (Dinas Kebudayaan) Gunungkidul sudah berulang kali menggelar pertunjukan pergelaran seni, di antaranya karawitan, ketoprak dan Dagelan Mataram di  Bangsal Sewokoprojo Wonosari.

    “Semuanya  digelar secara daring. Sebagaimana  pertunjukan kerawitan Jumat Legi sudah kami lakukan yang kedua kalinya saat masa pandemi ini. Biasanya acara pertunjukan seni karawitan dilaksanakan rutin setiap malam Jumat legi,” kata Agus Kamtono, Kepala Kundho Kabudayan (Dinas Kebudayaan) Gunungkidul, Kamis (8/10/2020).

  • Tidak Pakai Masker Serasa Ada yang Hilang
  • Pengunjung Alun-alun Purworejo Sadar Bermasker

  • Diakui, saat pandemi Covid-19, agenda rutin Pemkab Gunungkidul itu sempat terhenti. Saat ini kegiatan itu kembali digelar meskipun dilaksanakan secara online. Grup karawitan se-Gunungkidul tampil secara bergilir, dengan dukungan dana keistimewaan.

    Menurut Agus Kamtono, kegiatan tersebut selain sebagai upaya nguri-uri kebudayaan, juga memfalitasi para pelaku seni yang sudah beberapa bulan ini tidak naik panggung atau tidak menggelar atraksi seni.

    “Dengan kembali digelarnya kegiatan kebudayaan, harapannya pelaku seni bisa kembali berkarya meskipun saat pandemi. Kita laksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat, pemeriksaan suhu tubuh dan menggunakan masker serta jaga jarak," jelas Agus Kamtono. (*)



    SHARE
    '

    BERITA TERKAIT


    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    Tulis Komentar disini