penyebab-mesin-mobil-bergetar-saat-diam-dan-cara-mengatasinyaPromo Otoklik (istimewa)


Iklan
Penyebab Mesin Mobil Bergetar saat Diam dan Cara Mengatasinya

SHARE

KORANBERNAS.ID,YOGYAKARTA-- Ketika mesin mobil dinyalakan atau dijalankan maka wajar jika mesin bergetar. Sebab pada dasarnya mobil adalah hasil dari energi gerak bergabung dengan energi listrik.


Namun, jika mendapati mesin mobil bergetar saat diam maka artinya ada yang tidak beres. Penting untuk mencari tahu penyebabnya agar bisa segera membawanya ke bengkel untuk mengatasinya.

  • Relawan Demokrasi Dilatih untuk Dongkrak Partisipasi Pemilih
  • Dua Rumah Terancam Longsor

  • Mesin mobil bisa saja terus bergerak meskipun mesin dalam kondisi mati. Rupanya kondisi seperti ini bisa disebabkan oleh banyak hal.  Berikut diantaranya.

    1. Setelan Mesin yang Salah
    Mesin mobil yang terus bergetar meskipun diam ternyata sering disebabkan oleh setelan mesin yang salah. Kondisi ini dapat terjadi ketika montir yang melakukan
    penggantian onderdil lupa untuk mengembalikan mesin ke kondisi semula. Setelan menjadi salah dan menyebabkan mesin bergetar saat diam.

  • Chef Hotel Bintang Lima Latih Ibu-ibu di Desa
  • Geguritan Angin Semilir Saka Pesisir Kidul Diluncurkan

  • 2. Piston Sudah Aus
    Jika sering memacu mobil dalam kecepatan tinggi maka komponen dengan nama piston akan mudah aus. Piston yang aus ternyata bisa membuat mesin bergetar meskipun dalam kondisi diam. Oleh sebab itu wajib di cek kondisinya, dan jika memang aus perlu segera diganti agar mesin tidak bergetar terus-menerus.


    Promo Irit Otoklik Flagship!
    Saat ini Otoklix tengah mengadakan promo PROMOIRIT. Nah, kalau mau melakukan tune up maupun servis pada mobil kamu, manfaatkan Promo Irit dari Otoklix. Promo ini berlaku hingga akhir Desember 2022, dan meliputi ganti oli, tune up, servis rem atau servis rem + brake fluid + brake cleaner Tentunya gratis filter oli dan jasa servis.


    3. Busi yang Mengalami Kerusakan
    Busi adalah komponen di dalam mesin kendaraan yang ukurannya kecil tapi fungsinya vital. Kerusakan pada busi ternyata bisa membuat mesin mobil bergetar meskipun kondisinya tidak dinyalakan. Maka harus di cek berkala dan diganti jika memang sudah rusak.

    4. Karet Penahan Kap Mesin Mengeras
    Mobil memiliki komponen karet penahan kap mesin, dan pada umur tertentu karet ini akan mengeras. Padahal fungsinya untuk menahan getaran mesin, ketika mengeras maka fungsi ini tidak berjalan dan membuat mesin mobil bergetar saat diam. Oleh sebab itu, komponen ini bisa diperiksa dan jika memang sudah keras maka artinya sudah masanya diganti dengan yang baru.

    5. Kampas Rem Sudah Tipis
    Sistem pengereman pada mobil ternyata juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan mesin terus bergetar. Kampas rem yang sudah menipis membuat pengereman menjadi tidak maksimal. Salah satu dampaknya adalah mesin menjadi bergetar terus meskipun dalam kondisi diam.

    6. Kopling Mobil Bermasalah
    Kampas kopling pada mesin mobil jika sudah aus bisa menyebabkan mesin mobil bergetar saat diam. Kondisi ini terjadi karena kopling yang aus akan membuat permukaan roda gila (flywheel) menjadi tidak rata. Sehingga memunculkan getaran pada mesin yang terjadi terus-menerus.

    7. Velg Mobil Bengkok
    Gangguan dalam bentuk mesin yang terus bergetar bisa terjadi karena velg ban mobil bengkok. Kondisi ini bisa disebabkan karena kecelakaan dan tidak tertangani dengan baik. Namun bisa juga karena sengaja memakai ukuran ban terlalu kecil dari ukuran standar.

    Efeknya velg mudah bengkok dan salah satu efek yang ditimbulkan adalah membuat mesin terus bergetar. Oleh sebab itu velg harus segera diganti yang baru dan pastikan diameternya sesuai standar pabrikan mobil tersebut. Sehingga kejadian serupa tidak akan terulang lagi.

    8. Shockbreaker Bermasalah
    Penyebab mesin mobil bergetar saat diam berikutnya adalah komponen shockbreaker yang bermasalah. Komponen ini diketahui memiliki fungsi menjaga kestabilan mobil sehingga memberi kenyamanan saat dikemudikan. Hanya saja jika terjadi kerusakan maka mobil susah seimbang dan mesin bisa bergetar
    terus-menerus.

    9. Distribusi Bahan Bakar Tidak Lancar
    Mesin mobil bekerja maksimal jika mendapatkan aliran bahan bakar secara optimal. Sayangnya pada mobil yang memakai sistem injeksi sering bermasalah pada komponen injektor bahan bakar. Dampaknya distribusi bahan bakar terganggu dan membuat mesin mobil bergetar meski mesin sudah dimatikan.

    10. Fan Rotor AC Mobil Rusak
    Masalah mesin mobil yang bergetar terus-menerus juga bisa dari AC mobil, lebih tepatnya ada kerusakan pada fan rotor AC. Fan rotor AC yang sudah aus dan tidak berfungsi normal akan membuat perputaran kipas AC ikut tidak normal. Kondisi ini yang kemudian membuat mesin terus bergetar, sehingga perlu segera diganti.

    11. Terjadi Masalah pada Propeller Mobil
    Mobil yang dirancang menggunakan sistem penggerak roda belakang maka akan ditemukan komponen bernama propeller. Komponen ini ketika aus ternyata bisa menyebabkan mesin mobil bergetar saat diam. Jadi, silahkan di cek kondisinya dan jika sudah aus segera saja diganti.

    12. Ban Sudah Aus
    Ban termasuk komponen mobil yang wajib di cek berkala dan kemudian diganti ketika waktunya tiba. Ditunjukan dari motif luar ban yang mulai memudar karena bisa membuat mobil selip saat jalanan licin. Rupanya ban yang sudah aus juga bisa membuat mesin mobil terus bergetar meski sudah dimatikan. Jadi, cek kondisi ban untuk memastikan.

    Jika mengalami mesin mobil bergetar saat diam maka segera cek beberapa bagian mobil yang mungkin menjadi penyebabnya. Yakni sesuai penjelasan tersebut jika bisa diatasi sendiri maka bisa segera diatasi. Jika tidak maka segera saja bawa mobil ke bengkel mobil terdekat. (adv)



    SHARE
    '

    BERITA TERKAIT


    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    Tulis Komentar disini