perangkat-desa-menolak-wacana-periodesasi-masa-jabatannyaPelepasan 1.511 orang perangkat desa di halaman Pendopo Kabumian Kebumen, Selasa (24/1/2023) sore. (istimewa)


Nanang W Hartono
Perangkat Desa Menolak Wacana Periodesasi Masa Jabatannya

SHARE

KORANBERNAS.ID, KEBUMEN --- Perangkat desa di Kabupaten Kebumen tergabung dalam Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kebumen menolak wacana periodesasi masa jabatannya, seperti jabatan kepala desa.


Penolakan itu akan disampaikan pada Silatnas (Silaturahmi Nasional) PPDI III di Jakarta, Rabu (25/1/2023).


Sebanyak 1.511 orang perangkat desa dari kabupaten ini berangkat mengikuti Silatnas. Mereka dilepas Bupati Kebumen Arif Sugiyanto di halaman Pendopo Kabumian, Selasa (24/1/2023) sore.

Bilaludin selaku Ketua PPDI Kebumen mengatakan, perangkat desa akan menyampaikan beberapa aspirasi. "Kami PPDI menolak secara tegas masa jabatan perangkat desa sama dengan masa jabatan kepala desa," kata Bilaludin.


Mereka akan menyampaikan aspirasi, mempertahankan masa jabatan perangkat desa sampai dengan usia 60 tahun. Selain itu, rekomendasi camat dalam pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa juga tetap dipertahankan.

Aspirasi lainnnya, PPDI mengusulkan perubahan Permendagri Nomor 84 Tahun 2015 tentang Susunan Organisasi Tata Kerja Pemerintah Desa, di antaranya mengatur perangkat desa yang diangkat sebelum UU 6 Tahun 2014 dan Permendagri 67 Tahun 2017 akibat dampak Permendagri 84 Tahun 2015.

Perangkat desa menduduki jabatan atau staf, tetap berkedudukan sebagai perangkat pesa dan berhak mendapatkan penghasilan tetap (siltap) yang sama diterima perangkat desa yang menduduki jabatan kepala urusan, kepala seksi dan kepala dusun.

Bupati Arif Sugiyanto mendukung perangkat desa menyampaikan aspirasi itu. Dia berpesan agar tetap tertib, sampaikan aspirasi dengan damai tanpa ada anarkisme dan jaga kekompakan.

Ya semua itu kan menyangkut hak anggota PPDI dan semoga dikabulkan semua urusannya. Yang pasti harus tetap tertib, aksi berjalan damai, jaga kekompakan," kata Arif Sugiyanto. (*)



SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini