Rabu, 26 Jan 2022,


percepatan-vaksinasi-covid19-diprioritaskan-di-10-kecamatanWarga Desa Gemeksekti, Kecamatan Kebumen, Sabtu (4/12/2021), antusias mengikuti vaksinasi dosis 2. (nanang w hartono/koranbernas.id)


Nanang W Hartono
Percepatan Vaksinasi Covid-19 Diprioritaskan di 10 Kecamatan

SHARE

KORANBERNAS.ID, KEBUMEN -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kebumen memprioritaskan percepatan vaksinasi Covid-19 di 10 kecamatan. Kesepuluh kecamatan itu populasi sasaranya besar, namun persentase capaiannya masih di bawah 70 persen.


Rapat percepatan vaksinasi, Sabtu (4/12/2021), yang dipimpin Kepala Dinkes Kebumen, dr Budi Satrio, diikuti camat, Polsek, Koramil, Puskesmas, menggunakan beberapa cara agar percepatan berjalan sesuai dengan target.


Camat Sempor, Drajat Tri Wibowo, mengatakan perlu model yang berbeda vaksinasi di kecamatan dengan topografi pegunungan dan permukiman yang terpisah-pisah. Perlu tempat vaksinasi per rukun warga. Pelayanan vaksinasi per rukun warga perlu dilakukan agar lebih mendekatkan dengan warga sasaran.

Di Kecamatan Ambal, Puskesmas mengundang warga sasaran. Undangan by name by address seperti undangan untuk pemilu. Persoalannya, ada warga sasaran yang tidak ditemukan.


Dalam rapat itu terungkap, sanksi administratif bagi warga yang belum mengikuti vaksinasi belum diterapkan. Warga yang akan memanfaatkan pelayanan administrasi di Kantor Kecamatan, akan dilayani jika sudah menunjukkan sertifikat vaksin dosis pertama.

Anggota Bidang Informasi Publik, Kusbiyantoro, kepada koranbernas.id, menjelaskan dari 26 kecamatan di Kabupaten Kebumen, 16 kecamatan capaian vaksinasi sudah 70 persen atau lebih, sebanyak 10 kecamatan capaian di bawah 70 persen. Ke 10 kecamatan itu meliputi Kecamatan Ayah, Pejagoan, Mirit, Karanggayam, Puring, Ambal, Kebumen, Buluspesantren, Sempor dan Buayan.

Sumber koranbernas.id di beberapa Puskesmas mengungkapkan, kecamatan dengan persentase capaian kurang dari 70 persen, namun populasi capaiannya lebih besar. Misalnya, di Kecamatan Mirit, persentase capaian 67,6 persen, namun populasi capaian 30.048 orang. Lebih banyak dibandingkan Kecamatan Poncowarno dengan persentase capaian 84,2 persen, tapi jumlah populasi capaian hanya 9.180 orang. (*)



SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini