Selasa, 07 Des 2021,


pertama-kali-pemilihan-ketua-osis-menggunakan-aplikasi-epemilosLaunching Pemilos bagi pelajar di Bantul. (istimewa)


Sariyati Wijaya
Pertama Kali, Pemilihan Ketua Osis Menggunakan Aplikasi E-Pemilos

SHARE

KORANBERNAS.ID, BANTUL -- Pemilihan Ketua Osis (Pemilos) tingkat SMA/MA  dan SMK telah digelar di Kabupaten Bantul secara serentak. Pemilos tahun 2021 dilaksanakan secara online dengan menggunakan aplikasi E-Pemilos.


Aplikasi E-Pemilos ini dikembangkan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul setelah sebelumnya dilakukan uji keamanan aplikasi dan dinyatakan aman untuk digunakan. Ini berbeda dengan Pemilos di saat belum pandemi, di mana siswa menggunakan hak pilihnya seperti layaknya pemungutan suara dalam pemilu.


“Saat ini situasi pandemi Covid-19, sehingga kita menggunakan aplikasi E-pemilos sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Sebab degan aplikasi, tidak ada potensi kerumunan di sana,” kata Didik Joko Nugroho, Ketua KPU Bantul, kepada koranbernas.id di kantornya, Jumat (22/10/2021).

Launching dan pelaksanaan Pemilos dilakukan secara daring pada Kamis (21/10/2021). Total yang mengikuti Pemilos 31.779 siswa dari 74 sekolah.


Sebelum pelaksanaan Pemilos, telah dilakukan beberapa tahapan . Diantaranya  pemutakhiran data pemilih, pencalonan serta kampanye di masing-masing sekolah, baik secara online maupun tatap muka terbatas. Pada artian saat kampanye terbatas, tetap menggunakan protokol kesehatan, yakni menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir sebelum ke lokasi acara dan menghindari kerumunan.

“Ini adalah pendidikan politik bagi siswa. Sebab mereka mempunyai posisi strategis karena pada Pemilu 2024 nanti  akan menjadi pemilih pemula. Selain aktif sebagai pemilih pemula, para siswa yang sudah mempunyai hak pilih ini ke depannya dapat menjadi penyelenggara pemilu, khususnya menjadi anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS),” katanya.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Bantul, Musnif Istiqomah, menerangkan bahwa Pemilos untuk jenjang pendidikan menengah yang sudah berlangsung sejak tahun 2011 ini merupakan kerja sama antara KPU Bantul dengan beberapa instansi. Di antaranya Kesbangpol Bantul, Dinas Kominfo Bantul, Kemenag Bantul serta Balai Dikmen Bantul. Para Ketua OSIS terpilih hasil Pemilos tahun 2021 selanjutnya akan dikukuhkan di akhir Oktober ini.

“ParakKetua OSIS terpilih selanjutnya akan dibekali dengan kemampuan mengelola organisasi dan kepemimpinan. Juga akan selalu menjalankan koordinasi dalam Komunitas Pelajar  Peduli Demokrasi (KOMPAK) yang telah terbentuk sejak tahun 2020 lalu,” terang Musnif.

Sedangkan Bupati Bantul dalam pesanya secara daring saat launching Pemilos mengatakan bahwa Pemilos adalah bentuk  demokrasi di kalangan siswa, utamanya untuk menjalankan prinsip demokrasi yaitu dari siswa, oleh siswa dan untuk siswa.

“Melalui  Pemilos para siswa dapat mendapatkan nilai-nilai demokrasi seperti toleransi, menghargai pendapat orang lain dan menghargai perbedaan pilihan. Nilai-nilai demokrasi ini akan menjadi bekal para siswa yang notabene adalah pemilih pemula ketika suatu saat akan menjadi pemilih dalam  pemilihan umum maupun dalam pemilihan kepala daerah,”kata Bupati. (*)



SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini