Selasa, 24 Mei 2022,


pimpin-upacara-hardiknas-bupati-sleman-ajak-pendidik-optimalkan-proses-belajar-mengajarPergelaran tari dibawakan siswa gabungan dari beberapa sekolah di Kabupaten Sleman. (istimewa)


Nila Hastuti
Pimpin Upacara Hardiknas, Bupati Sleman Ajak Pendidik Optimalkan Proses Belajar Mengajar

SHARE

KORANBERNAS.ID, SLEMAN -- Pemerintah Kabupaten Sleman menyelenggarakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2022 di Lapangan Pemda Sleman, Rabu (11/5/2022).


Bupati Kustini Sri Purnomo sebagai inspektur upacara menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak yang terlibat dalam bidang pendidikan atas segala dedikasi, ikhtiar, kepedulian dan perhatian yang diberikan dalam memajukan pendidikan anak bangsa.


Peringatan Hari Pendidikan Nasional pada  tahun 2022 ini mengusung tema Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar.

Tema tersebut dinilai sebagai semangat untuk segera pulih dan maju meningkatkan kualitas pendidikan setelah selama dua tahun terakhir beradaptasi dengan terbatasnya ruang pembelajaran jarak jauh.


Dalam upacara tersebut Kustini mengajak seluruh komponen pendidikan baik tenaga pendidik dan peserta didik untuk mengoptimalkan proses belajar mengajar sesuai dengan minat dan bakat siswa, dengan pendekatan Merdeka Belajar seriring dengan situasi pandemi yang semakin membaik.

Kustini menekankan pentingnya pembentukan karakter manusia yang merupakan manifestasi tujuan pendidikan yakni membentuk manusia Indonesia seutuhnya yang beriman, takwa, cerdas dan terampil.

Pendidikan di sekolah, keluarga dan lingkungan harus diarahkan untuk membentuk generasi yang memiliki kemampuan daya juang dan mentalitas yang kuat serta rasa percaya diri dalam menjalani kehidupan.

"Saya berpesan agar dapat menciptakan lingkungan yang nyaman, terbuka dan mendorong kemajuan berpikir anak. Guru harus menciptakan peluang bagi anak didik untuk membangun interaksi yang sehat antara anak didik dan keluarganya. Saya yakin dengan sinergi positif dari pendidikan di lingkup keluarga dan sekolah akan membentuk generasi yang unggul tidak hanya di bidang akademis namun juga berkarakter mulia," kata Kustini.

Pada upacara yang juga dihadiri seluruh pejabat di lingkungan Pemkab Sleman ini, ditampilkan sejumlah pergelaran tari dibawakan oleh siswa gabungan dari beberapa sekolah. (*)


TAGS: Hardiknas  Sleman 

SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini