Selasa, 24 Mei 2022,


potensi-desa-wisata-di-jepara-perlu-dipromosikanAndang Wahyutriyanto saat berkunjung ke sentra produksi tenun di Desa Troso Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara. (istimewa/dokumentasi Humas DPRD Jateng)


Bekti Maharani
Potensi Desa Wisata di Jepara Perlu Dipromosikan

SHARE




KORANBERNAS.ID, SEMARANG -- DPRD Jawa Tengah (Jateng)  mendorong masyarakat di Kabupaten Jepara untuk bergerak meningkatkan perekonomian melalui sektor pariwisata dan potensi spesial yang ada.


Anggota Komisi B DPRD Provinsi Jateng, Andang Wahyutriyanto,  menyatakan hal tersebut setelah terjun langsung memantau perkembangan pariwisata pada sejumlah desa di Kabupaten Jepara.

Desa-desa yang dikunjungi antara lain Desa Buaran Kecamatan Mayong, Desa Rengging, Pecangaan, Desa Kuwasen, Jepara Kota, Desa Pekalongan, Batealit dan Troso, Pecangaan.


Di Desa Troso, Andang menyempatkan berwisata religi dengan berziarah ke Makam Ki Senu, tokoh pendiri desa tersebut.

Pada kesempatan itu dia berdialog dengan perangkat desa dan tokoh setempat, seputar potensi yang dimiliki Desa Troso. Desa ini dikenal dengan produk tenun Troso.

“Kami bersama-sama ingin agar Desa Troso ini bisa lebih dikenal luas. Selama ini desa sudah memiliki produk unggulan, yakni Tenun Troso. Selain  itu  juga memiliki wisata religi berupa Makam Ki Senu, tokoh pendiri desa," kata Andang, di ruang kerjanya, Selasa (18/1/2022).

Dia berharap dengan memperkenalkannya melalui sosial media, Desa Troso bisa dikenal di seluruh Indonesia dan bahkan dunia.

Anggota Komisi B DPRD Provinsi Jateng, Andang Wahyutriyanto. (istimewa/dokumentasi Humas DPRD Jateng)

Selama pantauan di beberapa desa, Andang tidak sekadar bertemu dan berdialog dengan masyarakat atau tokoh desa, namun berusaha membaurkan diri.

Saat datang ke Kampung Durian di Desa Rengging Kecamatan Pecangaan, dia bersama masyarakat setempat berdiskusi sembari menikmati buah durian. Termasuk bersepeda santai bersama Pokdarwis Desa Pekalongan Kecamatan Batealit.

Upaya lain yang akan dilakukan untuk mendorong perekonomian masyarakat setempat yakni berkoordinasi dengan Pemkab Jepara, terutama akses menuju desa. Karena dia menilai, infrastruktur yang baik sangat mendukung peningkatan potensi di desa.

“Akses jalan menuju ke sini masih perlu pembenahan. Untuk itu, kami berharap pemerintah bisa hadir, agar potensi desa dapat lebih ditingkatkan,” harapnya.

Kades Troso, Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara, Abdul Basir, ketika menerima kunjungan Komisi B DPRD Jateng. (istimewa/dokumentasi Humas DPRD Jateng)

Kades Troso Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara, Abdul Basir, ketika menerima kunjungan Komisi B DPRD Jateng berharap pemerintah daerah bisa membantu memasarkan produk wisata dari desa ini, baik kerajinan tenun maupun wisata religi.

“Kami sangat berharap Desa Troso bisa dipromosikan. Karena dengan promosi itu, bisa mengangkat kesejahteraan masyarakat desa. Sebelumnya kami juga sudah mendapat bantuan dari Pemkab Jepara dalam perbaikan makam,” kata kades Abdul Basir.

Diharapkan sektor pariwisata ini bakal mengeliat setelah sebelumnya didera kondisi yang tidak menguntungkan akibat pandemi Covid-19. (adv-anf)



SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini