Senin, 01 Mar 2021,

ppkm-posyandu-tetap-jalan-terusSuasana pelaksanaan kegiatan posyandu di Aula Kantor Desa Trasan Kecamatan Juwiring Kabupaten Klaten, Senin (18/1/2021). (masal gurusinga/koranbernas.id)


Masal Gurusinga
PPKM, Posyandu Tetap Jalan Terus

SHARE

KORANBERNAS.ID, KLATEN--Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dalam rangka pengendalian penyebaran Covid-19 di Kabupaten Klaten, diberlakukan serentak pada 11 hingga 25 Januari 2021. Namun untuk kegiatan yang sifatnya urgent seperti posyandu, tetap dilaksanakan dengan mengacu protokol kesehatan. Selain itu, untuk mencegah terjadinya kerumunan warga di lokasi, pelaksanaan kegiatan secara terjadwal berdasarkan undangan yang telah diedarkan.

Seperti yang dilakukan Pengurus PKK dan Kader Posyandu Desa Trasan Kecamatan Juwiring, Senin (18/1/2021) pagi. Bertempat di aula kantor desa setempat, petugas dari Pos Melati 1 tampak sibuk membagi tugas melayani ibu-ibu dan balita yang datang.

  • Tak lagi Bersahabat, Christine Hakim Prihatin pada Ratna Sarumpaet
  • Susahnya Melagukan Cengkok Keroncong

  • Ada yang bertugas memeriksa suhu tubuh menggunakan thermo gun, melayani pendaftaran, penimbangan, penyuluhan hingga memberikan makanan tambahan bergizi.

    “Hari ini kegiatan posyandu Pos Melati satu. Kegiatannya penimbangan, penyuluhan, pemberian makanan tambahan. Kegiatan ini dijadwal agar tidak terjadi kerumunan. Dan tentunya mengacu protokol kesehatan,” kata Ketua Tim Penggerak PKK Desa Trasan Feri Ariningsih.

  • SMAN 1 Banguntapan Bantul Jadi Sekolah Siaga Kependudukan
  • Ironis, Gudangnya Dokter Gigi tapi Karies Tinggi

  • Feri Ariningsih yang juga Ketua Pos Melati 1 menambahkan, penimbangan berat badan tidak serta merta mengecek kenaikan berat badan balita, tapi juga memantau grafik berat badan, perkembangannya dan juga konseling tentang kemungkinan kurang gizi (2T).

    “Di Trasan ada tiga balita yang mendekati stunting. Tadi sudah ada satu yang ke sini,” katanya didampingi kader posyandu lainnya.

    Di Desa Trasan ada 6 pos pelayanan. Jumlah balita seluruhnya sekitar 300 orang. Sedangkan di Pos Melati 1 jumlah balitanya sekitar 40 orang.

    Mengingat pentingnya keberadaan posyandu, maka setiap bulan dilaksanakan kegiatan rutin. Melalui posyandu ini diharapkan bisa menciptakan balita sehat. Selain itu menciptakan generasi penerus yang cerdas, sehat, ceria dan berakhlak.

    Pada bagian lain, Kepala Desa Trasan, Riyadi mengapresiasi dan mendukung kegiatan posyandu yang dilaksanakan pengurus dan kader.

    “Meski dalam situasi pandemi Covid-19 dan PPKM, semuanya kompak dan guyub melaksanakan tugasnya. Saya sudah mengarahkan kepada semuanya kalau kita hidup ini harus berguna dan bermanfaat untuk orang lain,” katanya.

    Camat Juwiring Herlambang Jaka Santosa menjelaskan dirinya telah mengimbau seluruh kepala desa dalam rakor kades pada tanggal 5 Januari 2021, agar tetap melaksanakan kegiatan posyandu di desa masing-masing secara berjadwal dan mematuhi protokol kesehatan.

    “Posyandu tetap jalan terus. Desa tidak perlu khawatir. Kalau posyandu ditiadakan balita tidak sehat,” jelas Herlambang. (*)

     

     



    SHARE
    '

    BERITA TERKAIT

    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    Tulis Komentar disini