Kamis, 06 Mei 2021,


proyek-padat-karya-mendorong-semangat-swadaya-wargaSalah satu proyek padat  karya yang sudah selesai, saat ini masyarakat mengerjakan sasaran tambahan dengan swadaya. (sariyati wijaya/koranbernas.id)


Sariyati Wijaya
Proyek Padat Karya Mendorong Semangat Swadaya Warga

SHARE

KORANBERAS.ID, BANTUL -- Proyek padat karya yang bersumber dari dana APBD Bantul Tahun 2020 sejumlah 171 titik yang tersebar di seluruh wilayah kabupaten ini.


Setiap proyek dianggarkan Rp 100 juta dan digunakan untuk pembangunan infrastruktur seperti talud sungai, cor blok jalan, talud jalan dan bangunan lain yang bisa dirasakan manfaatnya untuk masyarakat.


Pengerjaan proyek dilakukan sejak 20 November silam dan dijadwalkan selesai 11 Desember mendatang. Kendati waktu masih tersisa, ternyata banyak yang sudah menyelesaikan bangunan sesuai dengan spek atau gambar yang ditentukan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Bantul.

“Rata-rata sudah hampir selesai semua dan sekarang pengembangan di semua lokasi dengan swadaya warga,” kata Istirul Widilastuti MAP, Sekretaris Disnaker Bantul, kepada koranbernas.id, Senin (7/12/2020) sore, di kantornya.


Menurut dia, adanya proyek padat karya selain untuk penyerapan tenaga kerja juga meningkatkan infrastruktur. Ternyata, proyek ini mendorong semangat swadaya di tengah masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan. Swadaya dilakukan untuk membangun sasaran tambahan, di luar bangunan padat karya yang telah ditentukan.


Pengawas lapangan proyek padat karya Dusun Kuden Desa Sitimulyo Kecamatan Piyungan Bantul, Rahajeng, mengatakan di tempatnya saat ini pembangun  pengerasan jalan sudah selesai. “Warga gembira mendapat jalan yang baru,” katanya.


Selain sasaran utama, warga juga bersemangat untuk mengerjakan sasaran tambahan dengan swadaya. (adv)



SHARE

'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini