Sabtu, 08 Mei 2021,


proyek-padat-karya-terbukti-mempererat-kerukunanSeorang warga Dusun Kuden RT 01 Piyungan Bantul mengerjakan cor blok jalan proyek padat karya. (sariyati wijaya/koranbernas.id)


Sariyati Wijaya
Proyek Padat Karya Terbukti Mempererat Kerukunan

SHARE

KORANBERNAS.ID, BANTUL -- Warga RT 01 Kuden Sitimulyo Piyungan Bantul menyambut gembira pembangunan jalan baru di kawasan tersebut. Pembangunan dari program padat karya Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Bantul itu yang  bersumber dari APBD Bantul tahun 2020 terbukti memudahkan akses warga setempat.


Salah seorang warga RT 01 Kuden, Rubiyo, mengatakan pekerjaan membuat cor blok sepanjang 194,39 meter dengan volume 58,79 meter kubik membutuhkan waktu kisaran dua minggu.


Pekerjaan dilakukan 26 warga yang bekerja secara bahu membahu dan bergotong royong. Bagi kami para lelaki yang bekerja, kemudian ibu-ibu sekitar menyiapkan minum dan makan. Bagi warga yang sibuk tidak masuk dalam tim pekerja mereka rela menyumbangkan untuk konsumsi.

“Program padat karya selain menambah pendapatan kami di era pandemi Covid-19 juga terbukti efektif mempererat kerukunan dan  persatuan warga," jelas Rubiyo.


Dia menambahkan pekerjaan cor blok di Kuden ditargetkan selesai dalam waktu 22 hari dengan hari kerja efektif 21 hari sejak 20 November sampai 11 Desember 2020. Namun demikian sebelum tanggal tersebut pekerjaan sudah terselesaikan.


“Kami mematuhi aturan yang telah disepakati misalnya tidak bekerja pada malam hari dan sebagainya,” ungkapnya lagi.


Ketua kelompok, Sarijo, mengatakan sebelumnya lahan di kawasan yang belum dilakukan cor blok licin dan kasar. Apalagi saat musim hujan warga yang melewati di kawasan ini harus berhati hati karena rentan tergelincir. “Alhamdulillah sudah dapat menikmati hasil pembangunan," tegasnya. (*)



SHARE


'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini