puluhan-relawan-membersihkan-sampah-kali-dengkengPuluhan relawan Kabupaten Klaten, TNI/Polri dan petugas BBWS Bengawan Solo bergotong-royong membersihkan sampah yang tersangkut di tiang jembatan Modran dan jembatan Talang Kecamatan Cawas Klaten, Sabtu (19/11/2022). (Istimewa).


Masal Gurusinga
Puluhan Relawan Membersihkan Sampah Kali Dengkeng

SHARE

KORANBERNAS,ID. KLATEN -- Puluhan relawan dari berbagai wilayah di Kabupaten Klaten, didukung petugas Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo, melaksanakan gotong-royong membersihkan sampah yang tersangkut di beberapa tiang jembatan di aliran Kali Dengkeng, tepatnya di Dam Tukuman Cawas, Jembatan Modran dan Jembatan Talang Cawas, Sabtu (19/11/2022).


Tampak hadir pada kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah Klaten Jajang Prihono, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sri Winoto, Plt Kepala DPU PR Suryanto, Kepala Bidang Pelaksana Jaringan Sumber Air BBWS Bengawan Solo Naryo Widodo dan Camat Cawas Moh Prihadi.


Aliran Kali Dengkeng merupakan anak sungai Bengawan Solo, yang setiap hujan turun rutin meluap dan menyebabkan banjir.

Awalnya, gotong-royong dipusatkan di Dam Tukuman Desa Plosowangi Kecamatan Cawas, karena terdapat banyak bambu yang tersangkut. Namun, karena aliran Kali Dengkeng cukup deras dan tumpukan bambu tidak terlihat, maka gotong-royong dialihkan ke Jembatan Modran dan Jembatan Talang.


"Karena debit air di Dam Tukuman cukup tinggi maka gotong-royong dipindah ke jembatan Modran dan jembatan Talang. Kami dari BBWS Bengawan Solo melibatkan sekitar 60 relawan dan ditambah relawan Klaten yang dipimpin Pak Sekda langsung," kata Kepala Bidang Pelaksana Jaringan Sumber Air BBWS Bengawan Solo, Naryo Widodo di lokasi.

Naryo menambahkan, saat ini musim hujan masih berlangsung hingga Desember dan Januari 2023 yang biasanya curah hujannya masih tinggi. Dia menghimbau masyarakat agar selalu waspada dan siaga jika sewaktu-waktu hujan lebat turun.

Sementara itu, Sekda Klaten Jajang Prihono selain meninjau kegiatan gotong-royong juga meninjau langsung pelaksanaan gotong-royong pembangunan kembali tanggul jebol di Desa Talang. (*)



SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini