Selasa, 24 Mei 2022,


relokasi-pkl-malioboro-ditandai-wilujenganPedagang Kaki Lima Malioboro. (muhammad zukhronnee muslim/koranbernas.id)


Muhammad Zukhronnee Muslim
Relokasi PKL Malioboro Ditandai Wilujengan

SHARE

KORANBERNAS ID YOGYAKARTA -- Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X memastikan akan mulai merelokasi pedagang kaki lima (PKL) Malioboro pada Rabu, (26/1/2022) petang.


Proses relokasi akan ditandai wilujengan atau tasyakuran yang dilaksanakan pada salah satu lokasi yang dipersiapkan bagi PKL Malioboro yaitu eks Bioskop Indra sisi barat bagian selatan Malioboro.


"Ya jadi (direlokasi). Mereka (PKL) minta ditunda, aku minta cepat (relokasi). Saya sudah menunggu 17 tahun, jadi ora ming mundur telung tahun," ujar Sri Sultan HB X di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Selasa (25/1/2022).

Tiga tahun yang disebut Sultan adalah rentang waktu permintaan PKL Malioboro agar menunda kebijakan relokasi tersebut, dengan salah satu alasan yaitu pandemi Covid-19 yang masih memberi dampak bagi perekonomian PKL.


Sultan memastikan tidak akan lagi menunda relokasi sekitar 2.000 PKL Malioboro ke eks Dinas Pariwisata DIY dan eks Bioskop Indra. Meskipun masih ada penolakan dari sejumlah PKL, relokasi akan jalan terus. Dari jumlah tersebut, dipastikan proses pemindahan lapak pedagang tidak bisa sekaligus, namun dilaksanakan bertahap.

Untuk meringankan beban ekonomi PKL, Pemda DIY akan membebaskan biaya retribusi bagi PKL terdampak. Pemda DIY juga membantu upaya promosi agar dua spot berbelanja baru itu bisa semakin dikenal wisatawan.

Menurut Ngarsa Dalem, PKL kawasan Malioboro seharusnya menyadari lapak di sepanjang jalan itu termasuk di depan toko-toko, bukan milik mereka. Lapak tempat mereka berjualan selama ini milik toko sedangkan trotoar sisi timur maupun barat milik Pemerintah Kota Yogyakarta dan Pemda DIY.

“PKL diminta segera pindah dari Malioboro sesegera mungkin. Mereka bisa menempati fasilitas baru di dua titik lokasi baru yang disediakan Pemda DIY. Jadi rasah (minta) mundur telung tahun (tiga tahun). Saiki isa, kenapa (harus) besok?" kata Sultan.

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, mengungkapkan Pemkot memastikan mulai melakukan pemindahan PKL dalam waktu dekat. Pemindahan PKL Malioboro dilakukan Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta serta Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Kota Yogyakarta bersama Dinas Koperasi dan UMKM DIY.

Terkait undian lapak PKL di dua lokasi baru, Heroe menyerahkan kewenangannya kepada Dinas Koperasi dan UMKM DIY. Secara teknis, setiap PKL mendapatkan lapak untuk kembali berjualan. Hal tersebut diserahkan kepada masing-masing paguyuban serta tetap berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti Pemkot.

Heroe juga berharap pedagag jangan terburu-buru memberikan penilaian buruk mengenai lapak baru yang dipersiapkan untuk mereka. Bersama Pemda DIY, pihaknya sudah merancang skema terbaik, supaya PKL tetap eksis di kawasan Malioboro.

"Ya, kita akan atur sedemikian rupa, ini masih proses juga. Pembangunan Teras Malioboro baru awalan, ke depan tentu masih ada pengembangan-pengembangan lanjutan, sehingga makin baik bagi pedagang," tandasnya. (*)


TAGS: PKL  Malioboro 

SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini