ribuan-orang-serbu-kawasan-tugu-Peserta WJNC #3 2018 tampil di kawasan Tugu Pal, Minggu (7/10/2018). (w asmani/koranbernas.id)


asmani
Ribuan Orang Serbu Kawasan Tugu
Saksikan Karnaval Wayang
SHARE

KORANBERNAS.ID -- Ada yang istimewa di kawasan Tugu Pal Yogyakarta, Minggu (7/10/2018) malam. Ribuan orang memadati kawasan tersebut untuk menyaksikan Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) #3 2018 dalam rangka HUT Kota Yogyakarta ke-262.


Akibatnya sejumlah ruas jalan di Margo Utomo, Jalan Jendral Sudirman, Jalan Diponegoro dan Jalan AM Sangaji pun ditutup. Arus kendaraan bermotor pun dialihkan ke sejumlah titik.

  • Diam-diam Lurik Merebut Pasar
  • Pek Bung Mengalun dari Kampung Gedongsari

  • Karnaval yang diikuti sekitar 1.400 peserta dari 14 kecamatan se-Kota Yogyakarta tersebut dibuka langsung oleh Gubernur DIY, Sri Sultan HB X didampingi Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti. Dalam acara tersebut peserta menampilkan karya seni dengan tema tokoh-tokoh pewayangan.

    Sultan mengungkapkan, seni tidak ada matinya, bisa saling silang terjadi akulturatif. Contohnya dalam WJNC 2018 kali ini, wayang yang dikemas dengan media modern yaitu dengan karnaval. Menurut Sultan, wayang kreatif menjadi jati diri masyarakat. Prosesnya tetap berakar kuat pada filosofi kelahirannya.

  • Stagen Terpanjang di Dunia Capai 1.016 Meter
  • Ribuan Tokoh Wayang Kumpul di Tugu Jogja

  • "Pewayangan dalam ragam gaya, mengokohkan yogyakarta sebagai kota budaya dengan peradaban penuh toleransi," ujarnya.



    Sementara Haryadi mengungkapkan, Oktober tidak hanya merupakan perayaan ulang tahun Kota Yogyakarta namun juga merupakan bulan promosi untuk pariwisata.

    "Karenanya sebagai apresiasi untuk ulang tahun ke 262, pemkot mengadakan promosi wisata dengan menampilkan produk kreatif di mal dan hotel, melalui jogja great sale, pameran produk lokal dan festival distro," katanya.

    Ambar, warga Jogoyudan datang bersama cucunya mengaku senang sekali pemkot mengadakan karnaval. "Saya sengaja datang menemani cucu saya yang bersekolah TK, dia sangat senang sekali melihat karnaval ini," katanya.

    Lain lagi pendapat Komala, warga Wonosari yang sengaja khusus menonton karnaval kali ini. "Kebetulan suami saya kerja diJogja, jadi saya juga sering main kesini, kali ini memang sengaja menonton karnaval ini karena bagus," ujarnya.(yve)



    SHARE
    '

    BERITA TERKAIT


    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    Tulis Komentar disini