Selasa, 24 Mei 2022,


ribuan-peserta-ikuti-webinar-nasional-sepak-bolaWebinar nasional sepak bola. (istimewa)


Sariyati Wijaya
Ribuan Peserta Ikuti Webinar Nasional Sepak Bola

SHARE

KORANBERNAS.ID, BANTUL -- Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara (RSPAU) dr S Hardjolukito Yogyakarta sukses menggelar Web Seminar (Webinar) Nasional Sepak Bola.


Webinar bertema Peningkatan Prestasi Tim Sepak Bola Nasional Indonesia dalam Rangka Menghadapi Event Internasional Tingkat Asia ini dibuka Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo MPP serta Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X yang diwakili Wakil Gubernur Paku Alam X.


Kepala RSPAU Marsma TNI dr Mukti Arja Berlian, Jumat (22/4/2022), menjelaskan webinar yang berlangsung Kamis (21/4/2022) itu diikuti ribuan peserta dari kalangan pecinta sepak bola, mahasiswa, dokter dan berbagai lapisan masyarakat lainnya dari seluruh penjuru nusantara.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Kepala Staf Angkatan Udara dan Gubernur DIY atas kesediaan membuka kegiatan webinar nasional sepak bola ini, serta mengucapkan terima kasih kepada narasumber dan peserta webinar," katanya.


Gubernur DIY menyambut baik webinar sepak bola dan  diharapkan mampu mencetak prestasi di kancah nasional dan internasional.

"Semoga webinar ini memberikan manfaat bagi perkembangan sepak bola di tanah air sehingga sepak bola kita terus berprestasi," kata Gubernur DIY.

Sedangkan KSAU mengatakan melalui webinar ini, TNI AU turut serta dalam peningkatan prestasi tim sepak bola Indonesia.

"Komitmen bersama dari berbagai pihak yang terdiri dari seluruh komponen bangsa sangat dibutuhkan untuk dapat membangun situasi kondusif dan memudahkan pembangunan ekosistem demi tercapainya prestasi," ucapnya.

Adapun narasumber adalah Komjen Pol (Purn) Dr H Mochamad Iriawan selaku Ketua Umum PSSI, dipandu moderator Angellica De Evagam.

Hadir pula Prof Djoko Pekik Irianto selaku Ketua KONI DIY sekaligus pakar olahraga dan pelatihan. Dia  menyampaikan materi tentang Peningkatan Prestasi Sepak bola terkait Ilmu Keolahragaan (sport science) dan kepelatihan.

Pembicara selanjutnya, Prof Woro Kushartanti, pakar kesehatan olahraga dan staf pengajar UNY, menyampaikan materi dengan tema VO2 Max dan prestasi sepak bola.

Materi tentang peningkatan prestasi olahraga sepak bola nasional terkait pola pelatihan dan pembibitan pemain sepak bola nasional yang dilakukan oleh PSSI dibawakan oleh Pelatih Timnas yang merangkap direktur teknik PSSI, Indra Sjafri.

Ada juga Dr Mirza Hapsari Sakti Titis, pakar gizi olahraga dan staf pengajar UGM, menjadi pemateri dengan tema peningkatan prestasi olahraga sepak bola nasional terkait dengan penerapan carbohydrate loading.

Penyelenggara juga mengundang pembicara artis ibukota sekaligus owner Klub Rans Cilegon, Raffi Ahmad.

"Sepak bola kini tidak hanya sekadar olahraga, namun sudah menjadi life style. Istirahat yang cukup, pola hidup sehat, makanan bergizi, mental, serta pendidikan tentu merupakan aspek-aspek penting yang sangat dibutuhkan untuk menjadi seorang atlet besar," kata Raffi.

Pemain sepak bola nasional, Evan Dimas, berpesan untuk meningkatkan prestasi sepak bola Indonesia tidak hanya sekedar melatih pengembangan diri dengan bermain di lapangan, tetapi juga akan semakin lengkap jika ditunjang fasilitas, mental dan nutrisi yang berkesinambungan. (*)


TAGS: webinar  sepak  bola 

SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini