rumus-empat-hebat-lima-sempurna-ala-perindo-diy-lolos-verifikasi-faktualKetua DPW Perindo DIY, Yuni Astuti. (istimewa)


Sholihul Hadi
Rumus Empat Hebat Lima Sempurna ala Perindo DIY Lolos Verifikasi Faktual

SHARE

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA -- DPW Partai Perindo DIY dinyatakan memenuhi segala persyaratan verifikasi faktual dari KPU (Komisi Pemilihan Umum). DPW Perindo DIY beserta lima DPD di bawahnya telah lolos memenuhi persyaratan verifikasi baik itu secara administrasi kantor, kepengurusan maupun keanggotaan.


Ketua DPW Perindo DIY. Yuni Astuti, mengatakan partai berlogo Rajawali ini telah lolos verifikasi faktual. Meski demikian, pengumuman resmi dari KPU belum dilakukan karena tahapan verifikasi faktual masih berlangsung hingga 7 Desember 2022.


"Pada tahap awal verifikasi faktual, tiga DPD sudah dinyatakan lolos. Tiga DPD ini yaitu Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Bantul dan Kota Yogyakarta," kata Yuni Astuti, Kamis (1/12/2022).

Sementara untuk tahapan perbaikan verifikasi faktual, DPD Kabupaten Kulonprogo dan DPD Kabupaten Sleman dinyatakan memenuhi syarat.


“Tapi memang hasil ini belum diumumkan resmi oleh KPU karena saat ini masih dalam tahap perbaikan verifikasi faktual sampai 7 Desember," sambung Yuni Astuti.

Dia membeberkan, untuk syarat lolos verifikasi faktual sebenarnya dari KPU hanya mensyaratkan kepengurusan dan keanggotaan paling sedikit 75 persen dari jumlah kota atau kabupaten di provinsi.

"Kalau mengacu dari aturan KPU sebesar 75 persen itu, di DIY sebenarnya hanya empat DPD atau tingkat kabupaten saja sebenarnya sudah cukup. Tapi saya dan pengurus di Perindo DIY berkeinginan agar 100 persen atau empat kabupaten dan satu kotamadya semuanya dinyatakan memenuhi syarat," urai Yuni Astuti.

Dirinya bersyukur dalam tahapan verifikasi ini lima DPD di DIY baik kepengurusan maupun keanggotaan dinyatakan memenuhi syarat.

Rumus sempurna

“Kalau kata saya, rumus di Perindo DIY itu empat hebat dan lima sempurna. Lolos verifikasi di empat kabupaten atau kota itu sudah hebat tapi saya ingin sempurna sehingga lima DPD semuanya harus dinyatakan memenuhi syarat atau lolos 100 persen," kata Yuni Astuti.

Sementara itu Sekretaris Wilayah DPW Perindo DIY, Ign Ganjar Tri, merinci tahap pertama verifikasi faktual keanggotaan ada tiga DPD Perindo yang dinyatakan Memenuhi Syarat atau MS yaitu DPD Perindo Kota Yogyakarta, DPD Perindo Kabupaten Gunungkidul dan DPD Perindo Kabupaten Bantul.

"Untuk Kota Yogyakarta syarat minimal sesuai regulasi adalah 416 anggota. DPD Perindo Kota Yogyakarta mengajukan 487 orang dan yang dinyatakan memenuhi syarat 419 orang," ucap Ganjar.

Untuk Kabupaten Bantul, regulasi mensyaratkan 956 anggota. Sementara yang diajukan DPD Perindo Bantul ada 1.037 anggota dan yang dinyatakan memenuhi syarat yaitu 978 anggota.

"Kabupaten Gunungkidul syaratnya 775 orang, yang kami ajukan ada 954 anggota dan yang dinyatakan memenuhi syarat ada 808. Jadi tiga DPD Perindo ini dinyatakan oleh KPU RI memenuhi syarat ditahap verifikasi faktual pertama," kata Ganjar.

Dia menambahkan ada dua DPD Perindo yang harus mengikuti tahap verifikasi faktual perbaikan yaitu Kabupaten Sleman dan Kabupaten Kulonprogo.

"Untuk verifikasi faktual perbaikan di DPD Kabupaten Sleman minimal Memenuhi Syarat 170 anggota DPD Perindo Sleman yang dinyatakan memenuhi syarat pada 29 November 2022 ada 190 orang," terangnya.

Sedangkan DPD Perindo Kulonprogo minimal Memenuhi Syarat harus 122 anggota. Tanggal 30 November 2022 anggota DPD Perindo Kulonprogo yang dinyatakan memenuhi syarat ada 134.

“Dari hasil laporan Tim Satgasus yang kami terjunkan di lapangan, lima DPD Perindo di DIY memenuhi syarat 100 persen, yang akan diumumkan oleh KPU sesuai jadwal yang yang telah ditetapkan " tandasnya. (*)



SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini