Rabu, 19 Jan 2022,


rutan-purworejo-siapkan-vaksinasi-untuk-tahanan-dan-masyarakatKepala Rumah Tahanan Purworejo Muhammad Mukaffi. (wahyu nur asmani ew/koranbernas.id)


Wahyu Nur Asmani EW
Rutan Purworejo Siapkan Vaksinasi untuk Tahanan dan Masyarakat

SHARE

KORANBERNAS.ID, PURWOREJO -- Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Kabupaten Purworejo Jawa Tengah (Jateng) turut serta menyemarakkan serbuan vaksinasi Covid-19 di kabupaten ini. Peran serta Rutan Purworejo membantu percepatan vaksinasi hingga sesuai target untuk umum di atas 70 persen dan capaian vaksinasi lanjut usia (lansia) di atas 60 persen.


Dari capaian vaksinasi tersebut Kabupaten Purworejo mendapat lampu hijau untuk melakukan vaksinasi anak-anak umur 6 hingga 11 tahun. Vaksinasi Covid-19 yang digelar Rutan Purworejo tidak hanya untuk warga binaan (WB) Rutan saja, tetapi terbuka untuk masyarakat umum.


"Saat ini kami melakukan vaksinasi Covid-19 kedua, vaksinasi pertama sudah kami lakukan tahun 2021. Hari ini yang mendaftarkan untuk vaksin 144 orang, gratis," jelas Muhammad Mukaffi, Kepala Rutan Purworejo.

Kaffi, panggilan akrabnya, mengatakan inisiatif pihaknya melakukan vaksinasi lantaran melihat Polres gencar vaksinasi. "Kebetulan saat saya keliling dan singgah di Polres Purworejo, banyak sekali tempat untuk pelaksanaan vaksin. Dengan begitu saya juga memiliki inisiatif dengan menyediakan tempat dan petugas," kata dia.


Menurutnya mayoritas warga binaan sudah divaksin, hanya tahanan baru atau tahanan titipan dari Polres Purworejo yang belum. Vaksinasi adalah cara untuk pencegahan Covid-19.

"Apabila kalau ada yang terpapar positif Covid-19 dan kami segera mengambil tindakan," kata Kaffi kepada awak media di sela vaksinasi Covid-19 di halaman Rutan Purworejo, Kamis (13/1/2022).

Pihaknya pernah punya pengalaman saat tahanan Rutan Purworejo beberapa terpapar positif. "Saat beberapa tahanan terpapar positif Covid-19, kami segera atasi jangan sampai terjadi penularan. Kami lakukan isolasi mandiri untuk tahanan, dan alhamdulillah tidak ada tambahan tahanan tertular dibuktikan dengan tes PCR," sebutnya.

Saat pandemi, kata dia, Rutan Purworejo tidak menerima kunjungan keluarga untuk tatap muka dengan warga binaan. Sebagai gantinya pihaknya memberikan inovasi layanan video call (VC).

"Jumlah tahanan 182 orang dari kapasitas sejumlah 122 orang, petugas menjadwalkan VC dengan keluarga," sebutnya.

Selain itu, Rutan Purworejo juga pelaksaan penitipan makanan dengan standar operasional (SOP) yang ditetapkan, seminggu tiga kali.

Rutan Purworejo juga memberikan kegiatan untuk warga binaan terbatas.

"Kami belum bisa mengundang pihak luar masuk ke rutan. Seperti kegiatan Pramuka secara tatap muka kami hentikan, diganti dengan kegiatan jarak jauh sesuai bimbingan pembina. Kegiatan rutin warga binaan Rutan Purworejo seperti pengajian, salat berjamaah, musik dan lainnya, pelatihnya dari internal Rutan," jelasnya.

Peserta vaksin yang ditemui koranbernas.id, Nurhayati (59) warga Dusun Teukan Kelurahan Pangen Jurutengah mengatakan senang bisa vaksinasi di rutan.

"Dulu saya ketinggalan vaksin di balai desa kemudian saya dapat info di rutan membuka untuk umum. Maka saya vaksin ke sini (rutan). Ini saya melakukan vaksin kedua," kata Nurhayati. (*)


TAGS: Rutan  Purworejo 

SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini