sandiaga-cicipi-jamu-gendhong-produksi-warga-slemanMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, didampingi Bupati Sleman, Mustini Sri Purnomo, mencoba jamu gendhong produksi warga Gesikan Tempel Sleman, Jumat (14/1/2022). (istimewa)


Nila Hastuti
Sandiaga Cicipi Jamu Gendhong Produksi Warga Sleman

SHARE

KORANBERNAS.ID, SLEMAN -- Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, bersama Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo, menerima kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, ke Kabupaten Sleman, Jumat (14/1/2022).


Pada kunjungannya di Kabupaten Sleman, mantan Wakil Gubernur DKI tersebut menyambangi sentra industri jamu gendhong di Padukuhan Gesikan, Kalurahan Merdikorejo, Kapanewon Tempel.


Sandiaga juga sempat mencicipi jamu gendhong produksi masyarakat padukuhan Gesikan. Menurutnya jamu gendhong rasanya enak dan bisa menghangatkan tubuh. Untuk itu, sentra industri jamu gendhong perlu didukung dan dipromosikan untuk meningkatkan destinasi wisata.

Sandiaga mengakui, industri jamu gendong dapat meningkatkan wisata kesehatan atau wellness tourism. Sentra industri jamu gendhong ini bisa menjadi salah satu tujuan wisata untuk travel pattern dalam pengembangan destinasi super prioritas Borobudur.


"Saya diberitahu ada 30 perajin jamu gendhong di sini. Mungkin bisa disampaikan, sehingga kita bisa mulai bekerja agar melakukan pematangan untuk destinasi ini apa yang diperlukan," kata Sandiaga saat melakukan dialog dengan pengrajin jamu gendhong.

Sementara Bupati Kustini mengaku bangga sekaligus terhormat atas kunjungan Menparekraf ke sentra industri jamu gendhong di wilayah Kabupaten Sleman. Kustini juga meminta kepada Menteri Sandiaga Uno untuk turut mempromosikan jamu gendhong yang ada di Padukuhan Gesikan ini, agar masyarakat tau bahwa jamu gendhong Gesikan tidak kalah dengan yang lainnya.

"Ini dalam rangka untuk melestarikan jamu gendhong di Kabupaten Sleman, dan sekaligus meningkatkan UMKM, sehingga nantinya juga bisa mengembangkan pariwisata di Kabupaten Sleman," kata Kustini. (*)



SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini