Rabu, 27 Okt 2021,


sandiaga-uno-mengeluselus-kambing-kaligesing-harganya-rp-500-jutaMenparekraf Sandiaga Uno mengelus-elus Kambing Ras Kaligesing seharga Rp 500 juta. (wahyu nur asmani ew/koranbernas.id)


Wahyu Nur Asmani EW
Sandiaga Uno Mengelus-elus Kambing Kaligesing, Harganya Rp 500 Juta

SHARE

KORANBERNAS.ID, PURWOREJO – Warga Desa Pandanrejo sangat antusias karena desa mereka kedatangan tamu istimewa Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno atau yang akrab disapa Mas Menteri, Selasa (12/10/2021) siang.


Sandi bersedia datang ke Desa Wisata Pandanrejo Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo Jawa Tengah karena desa ini masuk 50 besar Desa Wisata terbaik di Indonesia dan mendapatkan predikat Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021, Indonesia Bangkit.


Sandiaga menyampaikan, dari sekitar 75 ribu desa, terdapat 1.850 desa yang mengikuti lomba desa wisata yang diadakan Menparekraf tahun ini. Desa Pandanrejo, lanjutnya, masuk ke dalam 50 desa wisata terbaik.

Menparekraf Sandiaga Uno mengunjungi edukasi Kambing Ras Kaligesing dan beberapa  obyek wisata (obwis) lainnya. Kali ini Sandiaga disambut Bupati Purworejo Agus Bastian, Wakil Bupati Yuli Hastuti, Sekda Said Romadhon, Ketua DPRD Dion Agasi, Dandim 0708 Letkol Inf Lukman Hakim, Kapolres Purworejo AKBP Fahrurozi serta kepala dinas terkait.


Desa Wisata Pandanrejo (Dewi Pandan) terkenal dengan edukasi pemeliharaan Kambing Ras Kaligesing, yang harganya fantastis Rp 500 juta per ekor.

Sandiaga berkesempatan ke Padepokan Gori Dampyak yaitu lokasi peternakan kambing ras Kaligesing, disambut dengan tari Kincling Wedhus yang dibawakan oleh enam penari putri. Dia juga sempat mengelus-elus kepala kambing.

Kedatangan Sandiaga sudah dijadwalkan seminggu sebelumnya, namun berhubung berhalangan diganti Selasa (12/10/2021).  Sesampainya di Kandang Wedhus Sandiaga disambut sepasang anak kambing ras Kaligesing. Oleh sang pemilik kambing, Sandiaga Uno diminta memberi nama kambing tersebut.

"Saya akan memberikan nama pada satu kambing betina, yaitu Adwi. Kambing satunya biar Pak Bupati yang memberi nama untuk kambing pejantannya," ujar Sandiaga Uno.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Purworejo Agus Bastian memberikan nama untuk anakan kambing ras Kaligesing.

"Saya beri nama Bima," sebut Bupati Purworejo.

Jadilah sepasang bayi kambing ras Kaligesing bernama Bima dan Adwi.

Setelah memberikan nama untuk bayi kambing, Menparekraf meninjau Kambing Ras Kaligesing seraya memperhatikan secara dekat kambing andalan Desa Wisata Pandanrejo tersebut.

Sebelum beranjak dari kandang kambing, Mas Menteri didaulat untuk pencanangan slogan "susumu adalah masa depanku, kambingku" dengan minum susu kambing bersama.

Setengah hari melakukan kunjungan di Desa Pandanrejom Sandiaga dan rombongan melanjutkan perjalanan ke bukit Gunung Gajah dengan mengendarai jip bersama Agus Bastian.

Di area obyek wisata Gunung Gajah, kedatangan Sandiaga disambut puluhan ibu-ibu yang menjajakan aneka produk kuliner khas desa tersebut.

Mas Menteri nglarisi produk-produk UMKM andalan Desa Wisata Pandanrejo. Dia membeli berbagai jajanan yang ditawarkan kepadanya.

Di pendapa pada area bukit itu, Sandiaga melihat proses pembuatan aneka kerajinan kriya, antara lain kursi kayu. Sebelum menandatangani prasasti, dirinya juga menyempatkan diri ikut bermain kulintang.

Di puncak bukit Gunung Gajah, Sandiaga melakukan penandatangan prasasti serta menyerahkan plakat dan paket internet gratis setahun untuk desa tersebut.

Sandiaga juga mengapresiasi kesenian desa setempat dengan secara simbolis menyerahkan cenderamata berupa kendang kepada pelaku seni.

Bupati Agus Bastian dalam sambutannya mengapresiasi kehadiran menteri Sandiaga Uno yang memberikan semangat warga Purworejo. Perajin kriya untuk memberikan kenang-kenangan berupa pahatan yang melukiskan istri Sandiaga Uno.

“Saya menagih utang Mas Menteri yang belum dibayar, yakni mampir ke pendapa kabupaten,” kata Bupati Purworejo.

Acara kunjungan Menparekraf diakhiri menyaksikan view wilayah Kaligesing dari ketinggian dengan menaiki gardu pandang puncak bukit Gunung Gajah. (*)


TAGS: kambing  kaligesing 

SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini