Rabu, 26 Jan 2022,


sebelas-desainer-terkenal-ikut-fashion-on-the-spotPara desainer yang terlibat dalam AIRA fashion on the spot 2021, Sabtu (4/12/2021) (istimewa).


Muhammad Zukhronnee Muslim
Sebelas Desainer Terkenal Ikut Fashion on the Spot

SHARE

KORANBERNAS ID, SLEMAN -- Hari ketiga perhelatan AIRA Fashion on the Spot diramaikan oleh sebelas desainer terkenal. Delapan di antara mereka berasal dari Yogyakarta, yaitu Fitriani Kuroda, Adewani Lubis, Dadang Koesdarto, Yovie Asdi, Ani Seto, Ryani Utami, Brahm Italia, Sugeng Waskito dan beberapa desainer lain seperti Rani asal Klaten, Uzy Fauziah dari Solo dan Ferry Setiawan asal Semarang.


Setahun lebih pagebluk Covid-19, selama itu pula para desainer ini tidak menggelar karya-karyanya di panggung semeriah AIRA fashion on the spot. Kesempatan ini tidak disia-siakan para desainer untuk memperlihatkan karya terbaik.

  • Siswa SMAN 10 Yogyakarta Pameran di TBY
  • Delapan Kecamatan di Jogja Ini Ramah Difabel

  • Desainer Ferry Setiawan misalnya, yang mengusung tema ‘Kusumaning Ati’. Dewani Batik by Adewani Lubis dengan ‘Renjana’. Sementara Dadang Koesdarto mengandalkan ‘Wayang Extravaganza’. Manggar Natural by Yovie Asdi membawa tema ‘Nature of The Blue Sea’.

    Tema pantai dan laut yang ditampilkan Yovie, adalah bentuk kerinduannya kepada lautan. "Selama dua tahun pandemi, tidak pernah lagi bermain dari pantai ke pantai. Keinginan itu saya tumpahkan ke karya-karya ini," akunya kepada wartawan sebelum memamerkan karyanya di panggung AIRA fashion on the spot, Sabtu (4/12/2021).


    Sementara Ani Seto konsisten dengan rok lukisnya, dan Ryani Utami memperkenalkan tema ‘Imagine’ yang terinspirasi lagu hits John Lennon. Lagu yang kerap Ia dengarkan ini memberikan semangat baru dalam proses karya. Lagu yang mengiringi kembalinya John Lennon ke dunia seni.

    "Lagu yang tercipta saat John Lennon setelah sempat beirstirahat beberapa waktu, Menurut saya ini hal yang menarik bahwa saat kita terpuruk, khususnya terhadap pandemi yang kita alami selama kurang lebih dari dua tahun ini. Kita harus terus mencari Inspirasi dan haus untuk melakukan hal yang Iebih baik dari sebelumnya," lanjut Ryani.

    Perancang busana asal Klaten, Prasojo by Rani menampilkan model-model natal dengan tema ‘Christmas’. Sedang Uzy Fauziah yang tinggal di Kartasura Surakarta mengedepankan ‘Amare’.

    Kesempatan baik ini dimanfaatan pula oleh Fitriani Kuroda dengan Bemberg TM menggandeng empat desainer untuk menampilkan arya desainnya di platform e-commerce website PT Milankori. Platform ini sangat membantu penjualan secara daring.

    "Terlebih tren berbelanja online semasa pandemi ini meningkat drastis. Para desainer tersebut adalah Sugeng Waskito, Tari made, Uzy Fauziah, dan Indria Aryanto," imbuhnya.

    Busana yang ditampilkan rancangan khusus untuk launching e-comerce website PT Milangkori.

    Pembina modeling Samurai Pro yang kini mendesain busana, Brahm Italia, mantap dengan tema ‘Majalengka Ti Payunnya’, Sementara Sugeng Waskito pemilik Gee Batik tampil dengan ‘Lembayung Sutra’.

    AIRA Fashion on The Spot 2021 diadakan Aira Mitra Media, digarap Rumah Pentas Yogyakarta. perhelatan ini dikoreograferi oleh Uyik Budi Lestari, Umbu Fikram, dan Anto Samurai. (*)



    SHARE



    '

    BERITA TERKAIT


    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    Tulis Komentar disini