semarak-cfd-selain-olahraga-warga-bisa-baca-bukuMobil layanan Perpustakaan Pemkab Purworejo di CFD. (istimewa)


Wahyu Nur Asmani EW
Semarak CFD, Selain Olahraga Warga Bisa Baca Buku

SHARE

KORANBERNAS.ID, PURWOREJO -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo kembali menggelar Car Free Day (CFD) pada Minggu pagi. Setelah vakum dua tahun, CFD digelar kembali dan berlangsung semarak.


Even ini selalu dipadati warga Kabupaten Purworejo dan sekitarnya. Selain untuk sarana olahraga, CFD juga sebagai sarana promosi. Tak ketinggalan, tersedia produk-produk UMKM berupa hasil kerajinan, aneka kemasan makanan dan minuman.


Dalam CFD kali ini dinas dan instasi turut berperan, salah satunya layanan perpustakaan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Perikanan Wiyoto Harjono ST selaku Koordinator Pelaksanaan CFD, melakukan inspeksi mendadak (sidak) di seputar Alun-alun Purworejo, Minggu (2/10/22) pagi. Dia didampingi Subkor lingkungan hidup Sriwahyuningsih SE dan beberapa dinas instansi terkait.


Wiyoto mengatakan, CFD diikuti UMKM yang dipusatkan di halaman Makodim 0708 Purworejo. Salah satunya layanan perpustakaan.

“Saya menyambut baik layanan perpustakaan, dapat memanfaatkan momen kegiatan CFD ini untuk meningkatkan gerakan literasi bagi masyarakat. Di CFD ini tentu masyarakat tidak hanya berolahraga dan bersosialisasi tapi juga bisa membaca buku yang disediakan perpustakaan,” ujarnya, Senin (3/10/2022). Harapannya dinas instansi lain dapat memanfaatkan CFD.

Wiyoto menambahkan, bagi dinas dan instansi yang ikut dalam kegiatan CFD ditempatkan di halaman Setda. CFD berlangsung pukul 05:00-08:00.

Selain perpustakaan, layanan lainnya yang sudah aktif di antaranya administrasi kependudukan,  pelayanan pajak. Sedangkan Polres membuka pelayanan di halaman Satlantas.

”Saya dengan beberapa dinas instansi terkait melihat langsung jalannya CFD sekaligus memantau dan sebagai bahan evaluasi, baik stan UMKM maupun stan OPD. Rencananya akan dilakukan evaluasi, sehingga ke depan CFD bisa lebih baik,” harap Wiyoto.

Kabid Perpustakaan Aspiyatun SIP menjelaskan, terdapat 17 jenis layanan di perpustakaan umum Kabupaten Purworejo.

Selain layanan perpustakaan di CFD pada Minggu pagi, juga melaksanakan layanan di perpustakaan umum di Kutoarjo antara lain, layanan keanggotaan, perpustakaan keliling, membaca di tempat, bimbingan membaca, e-Pusda (e-Book), pojok baca, silang layan, audio visual.

Pelayanan perpustakaan umum di Kutoarjo dibuka sesuai jam kerja yakni Senin sampai Jumat mulai pukul 07:30 sampai 16:00, sedangkan Jumat sampai pukul 13:30. (*)


TAGS: CFD  Purworejo 

SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini