seniman-budayawan-dan-tokoh-adat-meraih-anugerah-kebudayaanBupati Sleman Kustini Sri Purnomo menyerahkan penghargaan Anugerah Kebudayaan 2022, Sabtu (26/11/2022) malam. (istimewa)


Nila Hastuti
Seniman, Budayawan dan Tokoh Adat Meraih Anugerah Kebudayaan

SHARE

KORANBERNAS.ID, SLEMAN -- Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman menyelenggarakan Anugerah Kebudayaan Award 2022, Sabtu (26/11/2022) malam.


Pada acara yang diselenggarakan di Pendopo Parasamya tersebut dilaksanakan pula penyerahan sertifikat Warisan Budaya Tak Benda 2021 serta Pelantikan Anggota Dewan Kebudayaan Sleman periode 2022-2025.


Kepala Dinas Kebudayaan Sleman, Edy Winarya,  menyampaikan Anugerah Kebudayaan  Award merupakan ajang pemberian penghargaan kepada seniman dan budayawan, serta untuk mendorong partisipasi masyarakat sehingga bisa berperan secara aktif dalam pelestarian budaya.

"Acara ini menjadi salah satu upaya melindungi dan melestarikan budaya atau cagar budaya. Kami juga telah melakukan verifikasi calon penerima penghargaan pada beberapa waktu lalu dengan melibatkan tujuh tim penilai," kata Edy.


Terdapat enam kategori penghargaan Anugerah Kebudayaan 2022. Kategori Pelestari dan atau Pelaku Adat Tradisi diraih oleh Mbah Bregas. Kategori Pelestari dan atau Pelaku Warisan Budaya dan Cagar Budaya diraih oleh Polsek Berbah.

Selanjutnya, kategori Pelestari atau Pelaku Seni diraih oleh KRT Stefanus Prigel Siswanto. Kategori Kreator diraih oleh M Budi Sarjono, kategori Budayawan diraih oleh Ir Suyata, dan kategori Anak Berpresrtasi di Bidang Kebudayaan diraih oleh Panggah Nowo Wibatsu.

Piagam apresiasi diserahkan langsung oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo.

Pada malam Anugerah Kebudayaan 2022 ini juga diserahkan Sertifikat Warisan Budaya Tak Benda 2021. Sertifikat dan predikat warisan budaya tak benda tersebut disampaikan kepada Langen Toyo, Upacara Bersih Dusun Mbah Bregas, Trengganon, Upacara Adat Tuk Si Bedug dan Upacara Bathok Bolu.

Bupati Kustini sekaligus melantik anggota Dewan Kebudayaan Sleman. Tujuh anggota Dewan Kebudayaan Sleman yang dilantik berasal dari kalangan akademisi, seniman dan budayawan.

Bupati Kustini menyampaikan dukungannya terhadap pelaksanaan Anugerah Kebudayaan 2022. Pemerintah Kabupaten Sleman akan terus memberikan dukungan serta perhatian terhadap agenda budaya yang termasuk dalam upaya nguri-uri kabudayan.

"Kita patut bangga dengan adanya ajang penghargaan seperti ini. Terlebih lagi ada pemberian penghargaan untuk generasi muda. Saya harap nanti para seniman senior bisa membagikan ilmu kepada juniornya agar regenerasi seniman dapat terus dilakukan," kata Kustini.

Kepada anggota Dewan Kebudayaan Sleman, Bupati Kustini berharap mereka dapat terus berkolaborasi dengan Dinas Kebudayaan untuk melahirkan inovasi dan kreativitas dalam rangka melestarikan kebudayaan. (*)



SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini