Jumat, 17 Sep 2021,


sergap-vaksinasi-covid19-dosis-kedua-bagi-pedagang-pasar-karanggede-boyolaliVaksinasi pedagang pasar tradisional Karanggede, Boyolali. (Istimewa).


--
Sergap Vaksinasi Covid-19 Dosis Kedua Bagi Pedagang Pasar Karanggede Boyolali

SHARE

PENYELENGGARAAN Sergap Vaksinasi Covid-19 dosis kedua bagi para pedagang Pasar Karanggede telah sukses dilaksanakan pada hari Kamis, 26 Agustus 2021, bertempat di Kantor Kecamatan Karanggede, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.


Sebanyak 445 masyakarat yang telah mendapatkan dosis pertama antusias mengikuti pelaksanaan vaksinasi dosis kedua.


Sergap Vaksinasi Covid-19 tersebut merupakan runtutan dari vaksinasi dosis pertama yang menyasar para pedagang pasar tradisional dan pasar hewan, serta masyarakat di sekitar pasar, yang diselenggarakan oleh Kodim 0724/Boyolali. Vaksinasi tersebut masih dalam rangkaian peringatan Hari Bhayangkara ke 75.

Pada vaksinasi dosis kedua di Kecamatan Karanggede dibagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB, dilanjut sesi kedua pukul 09.30 WIB dan sesi ketiga pada pukul 12.00 WIB.


Syarat mengikuti vaksinasi dosis kedua tentunya masyarakat harus sudah melakukan vaksinasi dosis pertama yang diselenggarakan oleh Kodim Boyolali pada tanggal 29 Juli 2021 lalu di Terminal Karanggede, Boyolali.

Tahapan vaksinasi dosis kedua ini juga sama dengan tahapan vaksinasi pada umumnya, yakni diawali dengan tahap skrining bagi calon penerima vaksin. Jika masyarakat tidak lolos skrining, panitia vaksinasi akan menampung peserta untuk beristirahat terlebih dahulu. Namun jika sampai berakhirnya sesi ketiga tensi tidak normal, akan ditunda untuk penyuntikan vaksin dan akan mendapatkan informasi lebih lanjut untuk vaksin dosis kedua selanjutnya.

"Calon penerima vaksin ini datang untuk kemudian ambil nomor antrean, lalu mengikuti skrining. Tensi di atas 180, tentu kami sediakan tempat untuk istirahat dulu. Kalau ditensi lagi ternyata masih belum memenuhi syarat, maka penyuntikan akan ditunda. Nanti akan dapat jadwal vaksin dosis kedua yang berbeda dengan hari ini," jelas Agus Pranudi Raharjo selaku Sekretaris Kecamatan Karanggede sekaligus Satgas Covid-19 Kecamatan Karanggede.

Kemudian jika peserta calon penerima vaksin lolos skrining akan dilakukan proses penyuntikan vaksin dosis kedua dengan jenis vaksin Sinovac.

Pada penyelenggaraan vaksinasi dosis kedua ini, yang menjadi vaksinator adalah petugas medis dari RS Sisma Media Karanggede, Puskesmas Wonosegoro dan RSU Asy'-Syifa Sambi, di bawah pengelolaan Puskesmas Karanggede. Pelaksanaan vaksin dilakukan dengan menaati prokotol kesehatan ketat yang dikoordinasikan oleh Satgas Covid-19 Kecamatan Karanggede.

Kemudian untuk sertifikat vaksinasi tidak langsung dikirimkan, mengingat pendataan peserta vaksin yag dilakukan secara manual sehingga membutuhan waktu. Sertifikat akan dikirim berupa link melalui sms kepada masyarakat yang sudah mendapatkan vaksin dosis kedua.

Tercapainya vaksinasi dosis kedua tersebut harapannya dapat meningkatkan herd immunity  bagi para pedagang pasar tradisional dan pasar hewan serta masyarakat sekitar Pasar Karanggede.

"Tujuan yang kita harapkan, tentu secepatnya vaksin bisa diberikan secara massal khususnya untuk pedagang pasar dan penduduk di Kecamatan Karanggede. Dan harapan kami setelah vaksinasi massal dilaksanakan, herd immunity segera bisa tercapai dengan jalan ikhtiar vaksinasi Covid-19", tutup Agus Pranudi Raharjo. *

Anggie Puspariana

Mahasiswi Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

 

 



SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini