Rabu, 19 Jan 2022,


siswa-smpn-2-bambanglipuro-praktikkan-merdeka-belajarSiswa SMPN 2 Bambanglipuro mempraktikkan merdeka belajar, Jumat (14/1/2022). (istimewa)


Sariyati Wijaya
Siswa SMPN 2 Bambanglipuro Praktikkan Merdeka Belajar

SHARE

KORANBERNAS.ID, BANTUL -- Sebanyak 32 siswa SMP Negeri 2 Bambanglipuro, Bantul mengikuti kegiatan merdeka belajar di pendopo sekolah yang berlokasi di Kalurahan Sidomulyo, Jumat (14/1/2022). Kegiatan didampingi oleh Kepala Sekolah, Edi Suryanto MPd, dan Wakil Kepala Sekolah, Projo Sukardi MPd.


Para siswa belajar bersama teman-temanya, berdialog, mengemukakan pendapat  dan diberi kebebasan dalam berinovasi dan bertindak dalam proses belajar mengajar.


"Harapannya, para siswa memiliki kemandirian dalam peningkatan kompetensi, melakukan kebiasaan refleksi, berpartisipasi aktif. Dengan demikian akan terbuka kemandirian dan kemerdekaan di lingkungan pendidikan untuk menentukan sendiri kebahagiaan atau kebebasan berinovasi dalam proses belajar," kata Projo.

Namun, semua tetap sesuai aturan serta terkawal atau terpantau. Guru juga tidak boleh monoton dengan  berorentasi pada kebebasan berfikir.


"Pengajaran berubah dari dalam kelas ke outing class. Murid bisa berdiskusi dan akan terbentuk karakter berani mandiri, cerdik dalam bergaul, beradab, sopan, bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar serta tidak galau dengan hal yang  itu-itu saja," urai Projo.

Sementara Edi Suryanto menambahkan, muara dari merdeka belajar adalah terbentuknya pelajar Pancasila. Adapun sifat dan sikap dari pelajar Pancasila di antaranya memiliki karakter sesuai nilai-nilai Pancasila, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, mandiri, bergotong royong, berorientasi global, bernalar kritis dan kreatif.

"Siswa juga diharapkan memiliki akhlak yang baik, peduli kepada manusia di sekitarnya, kepada alam dan juga mencintai negaranya," tambah Edi.

Adanya merdeka belajar ini, para guru juga akan lebih memahami karakteristik dan keunikan siswa masing-masing sehingga proses pembelajaran berdiferensiasi dan  mengakomodir keberagaman siswa. (*)



SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini