sosial-media-marketing-memaksimalkan-bisnisilutrasi SMM(istimewa)


Muhammad Zukhronnee Muslim
Sosial Media Marketing Memaksimalkan Bisnis

SHARE

KORANBERNAS.ID,YOGYAKARTA-- Social media marketing (SMM) kerap menjadi pilihan pebisnis dalam memasarkan produk. SMM merupakan salah satu metode pemasaran yang menggunakan teknologi digital. Di era digital seperti saat ini, media sosial memang bukan hal yang asing bagi sebagian orang.

"Bahkan memasarkan produk melalui sosial media jauh lebih efisien daripada cara konvensional," ujar Owner SMM Panel, Rizal Baruna Adji, Sabtu (24/9/2022).

Rizal mengungkapkan SMM dapat memaksimalkan pemasaran di sosial media serta meningkatkan penjualan produk/ jasa. Sebab sesuai dengan namanya, sosial media marketing atau SMM adalah cara mempromosikan suatu  produk/ jasa melalui media sosial.

"Trik promosi menggunakan media sosial lebih banyak dilirik pebisnis karena hemat biaya, dan dapat menjangkau audiens lebih luas," ujarnya.

Menurut Rizal, Ada banyak platform media sosial yang dapat Kamu pilih untuk membangun brand, meningkatkan trafik website dan penjualan. MIsalnya Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube Pinterest dan lainnya.

Melansir dari laman Hubspot, SMM diartikan sebagai sebuah aktivitas pembuatan konten untuk menawarkan produk atau bisnis. Konten tersebut meliputi informasi tentang produk, artikel, video tutorial, foto katalog dan lainnya.

"Tugas pemilik usaha adalah memastikan bahwa setiap konten sudah cukup menarik perhatian calon pelanggan," jelasnya.

Ada banyak alasan mengapa bisnis yang Kamu jalankan membutuhkan sosial media dalam pemasaran seperti meningkatkan brand awareness
Apalagi pengguna media sosial di dunia pada bulan Januari 2021 lalu, telah mencapai 4,2 miliar. Di Indonesia sendiri, pengguna aktif media sosial mencapai 170 juta atau sekitar 61,8% dari populasi penduduk yang ada.

Jika sebuah perusahaan menerapkan metode pemasaran digital yang baik, maka ada 170 juta jiwa yang berpotensi mengenal bisnis tersebut. Dengan demikian, masyarakat pun akan tertarik untuk melihat bahkan membeli produk atau jasa yang Kamu tawarkan.

"Itulah pentingnya membuat konten semenarik mungkin. Karena, tanpa disadari, konten yang menarik perhatian, dan konsisten diunggah melalui media sosial akan diingat oleh masyarakat," paparnya.

Selain itu SMM memperluas pangsa pasar. Media sosial dapat dengan mudah diakses oleh setiap orang di seluruh dunia, kapan saja. Menggunakan platform media sosial memungkinnkan menarik target pasar yang jauh lebih luas.

Jika sebelumnya hanya terbatas untuk warga lokal, kini mulai merambah ke kota-kota lain, bahkan tidak menutup kemungkinan hingga luar negeri.

SMM juga memudahkan berkomunikasi dengan pelanggan. Sebab kehadiran media sosial memudahkan orang berhubungan dengan pelanggan secara langsung, meskipun tanpa harus bertatap muka.

"Kita bisa mendapatkan feedback ketika berinteraksi dengan pelanggan di media sosial, seperti mendapatkan like atau comment. Respon yang baik kepada pelanggan dapat meningkatkan rating dan trafik akun bisnis," tandasnya.

SMM pun, lanjut Rizal lebih hemat biaya.Tak harus menguras biaya untuk biaya iklan, pemilik bisa tetap memasarkan produk hanya dengan media sosial. Sebab membuat akun di media sosial tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun.

Cukup bermodal kuota internet, semuanya bisa memajang gambar produk atau jasa secara cuma-cuma. Mungkin hanya perlu mengeluarkan uang untuk pengelolaan website, atau membeli tools yang dapat mendukung akun bisnis.

Strategi itu bisa meningkatkan trafik website.  SMM yang diterapkan dengan benar dapat meningkatkan trafik web akun bisnis Kamu.

"Meskipun terkesan simpel, seseorang tetap membutuhkan strategi social media marketing  yang tepat agar dapat meningkatkan trafik web dengan maksimal. Salah satu caranya adalah menggunakan jasa SMM panel," paparnya.

Rizal menambahkan, SMM panel merupakan platform bisnis yang Kamu butuhkan untuk menambah follower, like atau comment secara organik. Djuragansosmed merupakan penyedia SMM panel Indonesia terbaik yang membantu meningkatkan trafik akun bisnis Kamu.

"Ingin mendapatkan panel social media marketing yang terbaik, terpercaya dan termurah?  Klik di sini sekarang juga," imbuhnya.(*)



SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini