sultan-hb-x--pa-x-ditetapkan-jadi-gubernur-dan-wakil-gubernur-diy-masa-jabatan-20222027Ketua DPRD DIY, Nuryadi (kanan) menyampaikan keterangan pers usai Rapat Paripurna Istimewa DPRD DIY yang menetapkan Sultan HB X dan PA X sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DIY masa jabatan 2022-2027. (istimewa)


Siaran Pers
Sultan HB X - PA X Ditetapkan Jadi Gubernur dan Wakil Gubernur DIY Masa Jabatan 2022-2027

SHARE

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA – Melalui Rapat Paripurna Istimewa yang berlangsung Selasa (9/8/2022), DPRD DIY secara resmi menetapkan Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X dan Paku Alam (PA) X sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DIY masa jabatan 2022-2027.


Rapat paripurna yang dipimpin langsung Ketua DPRD DIY, Nuryadi didampingi wakilnya Huda Tri Yudiana, Suharwanta dan Anton Prabu Semendawai kali ini dihadiri tamu undangan dari instansi terkait maupun instansi vertikal di DIY, Keluarga Keraton Yogyakarta serta Kadipaten Pakualaman.

  • Optimalkan Potensi Atlet Usia Dini
  • Bebas Korupsi Jangan Sekadar Seremonial

  • Kepada wartawan saat konferensi pers usai rapat, Nuryadi menyampaikan keinginan 55 anggota DPRD DIY bisa datang langsung pada acara pelantikan oleh Presiden RI pada 10 Oktober 2022, yang kemungkinan dilaksanakan di Jakarta.

    “Kami berkirim surat ke Presiden harapan kita, 55 anggota dewan bisa menyaksikan pada saatnya tanggal 10 Oktober. Mohon doa restu masyarakat DIY,” kata Nuryadi.

  • Pemkot Bantu Perbaiki Kios-kios yang Terbakar
  • Khusus Warga Sleman, Transfusi Darah Gratis

  • DPRD DIY sudah bekerja keras menyelesaikan tahapan demi tahapan penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY sesuai dengan Undang-undang Keistimewaan DIY dan Perdais (Perda Istimewa).

    Selanjutnya, DPRD DIY mengirimkan hasil rapat paripurna tersebut ke Presiden RI melalui Menteri Dalam Negeri (Mendagri), untuk dilakukan pelantikan.

    Sultan HB X maupun Paku Alam X menyampaikan apresiasi kepada DPRD DIY yang bisa menyelesaikan jauh-jauh hari tahapan demi tahapan sesuai perundang-undangan yang ada. Gubernur dan Wakil Gubernur akan berakhir masa jabatan lima tahun pada tanggal 10 Oktober 2022.

    “Proses ini, harapan saya bisa tepat waktu, pelantikan oleh presiden bisa tepat waktu, dengan demikian terpenuhi seluruh proses sebagiamana mestinya seperti bunyi undang-undang,” kata Sultan.

    Ditanya kemungkinan adanya pesta rakyat, Sultan tidak bisa melarang namun demikian akan lebih baik diadakan setelah pelantikan. Mengingat situasi dan kondisi perekonomian belum sepenuhnya pulih, Sultan berharap pesta rakyat  sebaiknya diadakan secara sederhana saja, supaya jauh dari kemewahan.

    Menjawan pertanyaan mengenai catatan fraksi-fraksi di DPRD DIY tentang tingginya angka kemiskinan maupun tindak lanjut Pelabuhan Tanjung Adikarta Kulonprogo, Sultan menyatakan nanti akan terlihat di dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah). (*)


    TAGS: dprd diy 

    SHARE
    '

    BERITA TERKAIT


    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    Tulis Komentar disini