Sabtu, 31 Jul 2021,


target-20-juta-wisman-belum-tercapaiTamu dari Hungaria bersama Ketua Stipram Yogyakarta, Suhendroyono pada acara farewell dinner di kampus setempat. (sholihul hadi/koranbernas.id)


sholihul
Target 20 Juta Wisman Belum Tercapai

SHARE

KORANBERNAS.ID – Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo (Stipram) Yogyakarta, Suhendroyono SH M Par, merasa prihatin target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang dicanangkan oleh pemerintah pada tahun ini belum tercapai.


Setidaknya, dari target 20 juta wisman sampai akhir Oktober belum terlihat ada tanda-tanda terealisasi. “Saudara kita, Hungaria, negara berpenduduk 10 juta jiwa jumlah kunjungan wisatawan dua kali lipat, 22 juta,” ungkapnya, Minggu (28/10/2018) malam.

  • Geliat Seni Tradisi di Watu Lumbung
  • Sensasi Baru Nikmati Wisata Banyumas

  • Saat menyampaikan sambutan pada acara farewell dinner di kampus Stipram Jalan Acmad Yani Ringroad Timur Banguntapan Bantul, dia bersyukur semoga target itu bisa tercapai di sisa dua bulan terakhir.

    Alhamdulillah. Mari kita pikirkan bareng-bareng, kalau perlu studi banding ke Hungaria yang jumlah turisnya dua kali lipat dari  jumlah penduduk,” kata dia.

  • Tour de Prambanan Jadi Ajang Promosi Wisata
  • Pencak Silat Anak Memukau Wisatawan

  • Sejak 26 Oktober, tujuh orang jurnalis dari Hungaria bersama staf Kedutaan Besar (Kedubes) Indonesia di Budapest Hungaria, berada di Yogyakarta.

    Setelah merampungkan peliputan mengenai destinasi wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta, mereka berpamitan pulang ke negara asalnya.

    Suhendroyono berharap dari program tersebut jumlah kunjungan wisatawan Hungaria ke Indonesia khususnya Yogyakarta bertambah.

    “Saya ingin, kunjungan ini jangan menjadi momentum yang hilang. Tanpa disengaja pasar pariwisata DIY dan Indonesia dipromosikan tanpa kita harus mengeluarkan biaya,” tambahnya.

    Karena itu dia berharap Dinas Pariwisata DIY memanfaatkan peran perguruan tinggi pariwisata. Selama ini sumbangsih dinas itu bagi perguruan tinggi pariwisata dirasakan masih kurang.

    Pentas Reog Ponorogo memeriahkan farewell dinner. (sholihul hadi/koranbernas.id)

    Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah 5 Yogyakarta  (dulu bernama Kopertis 5), Bambang Supriyadi, juga memberikan apresiasi untuk mereka.

    Para jurnalis itu mengambil gambar destinasi-destinasi wisata DIY kemudian dipublikasikan di stasiun televisi negara tersebut. “Harapannya banyak turis Hungaria datang ke Yogyakarta,” ujarnya.

    Selama ini pihaknya sudah menjalin kerja sama pendidikan dengan perguruan tinggi di Hungaria. “Empat tahun lalu perwakilan dari sebelas PTS Jogja pernah berkunjung ke Hungaria,” ungkapnya.

    Kerja sama antara perguruan tinggi swasta (PTS) di DIY dengan perguruan tinggi Hungaria  yang sudah terjalin selama ini diharapkan terus terjalin.

    Sebagai kenang-kenangan untuk para tamunya, selain memberikan cenderamata blangkon dan kain, Ketua Stipram juga memberikan kenangan khusus hiburan Reog Ponorogo, tari serta karawitan. (sol)


    TAGS: kampus wisata hiburan 

    SHARE



    '

    BERITA TERKAIT


    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    Tulis Komentar disini