Rabu, 19 Jan 2022,


targetkan-ppkm-level-1-vaksinasi-covid19-dengan-door-to-doorasinator dari Puskesmas Mranti Kecamatan Kabupaten melakukan vaksinasi door to door di Kelurahan Doplang.(w asmani/koranbernas.id)


Wahyu Nur Asmani EW
Targetkan PPKM Level 1, Vaksinasi Covid-19 dengan Door to Door

SHARE

KORANBERNAS.ID,PURWOREJO -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo, Jawa Tengah benar-benar mengenjot capaian vaksinasi Covid-19 dengan cara door to door. Hal tersebut dilakukan agar Kabupaten Purworejo segera mencapai 70 persen, vaksinasi Covid-19.


Kebijakan ini diberlakukan karena Purworejo dalam Level 2 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa Bali. Melalui capaian vaksinasi 70 persen untuk herd immunity (kekebalan kelompok), kabupaten ini berupaya menuju PPKM Level 1.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Purworejo, Said Romadhon mengatakan Pemkab melakukan terobosan untuk vaksinasi Covid-19 secara door to door. Karena Pemkab mendapatkan droping vaksin Covid-19 sebanyak 38 ribu dosis.


"Untuk vaksinasi di wilayah perkotaan bisa dengan layanan door to door. Untuk perkotaan upaya tersebut masih efektif, namun untuk pedesaan saya rasa kurang efektif," terang Sekda Purworejo, kepada koranbernas.id, Rabu (1/12/2021).

Menurut Sekda, saat ini vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Purworejo mencapai 63 persen. Dengan tambahan vaksin dari pusat, diharapkan target bisa tercapai.


“Vaksin sebanyak itu harus habis, agar target capaian vaksinasi Covid-19 sebesar 70 persen tercapai," sebutnya.

Sekda berpesan kepada warga Purworejo, baik yang sudah vaksin atau belum hendaknya tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes), dengan pola 5M. Yaitu mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, memakai masker, menjaga jarak aman, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Terkait program door to door ini, warga Desa Kelurahan Doplang, Rabu (1/12/2021) mengikuti vaksinasi Covid-19. Mereka dilayani vaksinator dari Puskesmas Mranti Kecamatan Purworejo.


Para vaksinator seperti dr Arsita dan Bidan Dina ditengah terik matahari berjalan dari satu rumah ke rumah lainnya untuk menemukan warga yang belum vaksin. Mereka didampingi oleh Kader Posyandu RW 1, Lusiana.

"Saya sudah berkeliling door to door di wilayah RW 01 Kelurahan Doplang. Saya sudah mendapati 10 rumah yang langsung mendapatkan vaksinasi Covid-19. Kami langsung melakukan skrining dan menyuntikan vaksin kepada warga yang belum divaksin. Untuk surat keterangan vaksin akan diantar oleh Kader Posyandu," paparnya.


Sutopo (57) warga Kelurahan Doplang Rt 01 Rw 01, merasa senang petugas bersedia mendatangi rumahnya untuk vaksinasi Covid-19.

"Saya mengapresiasi upaya Pemkab Purworejo door to door untuk vaksinasi. Saya tinggal sendirian, pekerjaan banyak tidak sanggup kalau melakukan vaksinasi Covid-19 di Balai Desa, antrinya panjang," ujar Topo.

Sugiarta (55) yang lagi bertandang di Rumah Sutopo turut mendapatkan vaksinasi. Saat itu juga Sugiarto mengajak vaksinator menuju rumahnya, karena ada orang tua dari Sugiarto yang juga belum di vaksin. Keduanya mendapatkan vaksin jenis pifzer kepada Sutopo dan Sugiarto, karena keduanya tergolong pra lansia.(*)



SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini