ujian-tertulis-pamong-kalurahan-margosari-kulonprogo-transparanSuasana ujian tertulis Pamong Kalurahan Margosari di SMA Negeri Pengasih Kulonprogo, Minggu (27/11/2022). (anung marganto/koranbernas.id)


Anung Marganto
Ujian Tertulis Pamong Kalurahan Margosari Kulonprogo Transparan

SHARE

KORANBERNAS.ID, KULONPROGO -- Dua jabatan pamong Kalurahan Margosari Kapanewon Pengasih Kulonprogo akhirnya terisi melalui ujian tertulis Pengisian Pamong Kalurahan Margosari.


Kegiatan itu berlangsung di Aula SMA Negeri Pengasih Kalurahan Margosari Kapanewon Pengasih, Minggu (27/11/2022).


Lurah Margosari, Danang Subiantoro, kepada koranbernas.id mengatakan, pihaknya mengapresiasi Tim Penyaringan dan Tim Penjaringan Pamong Pranata Laksana Sarta Pangripta (Palapa) serta Dukuh Pedukuhan Karang Tengah Lor Kalurahan Margosari.

Ujian berjalan lancar, sangat transparan dan akuntabel sampai tahapan koreksinya. “Bagi yang mendapat amanah menjadi Palapa dan Dukuh di Pedukuhan Karang Tengah Lor  tersebut sebelum dilantik harus segera berkoordinasi dengan Pemerintah Kalurahan Margosari. Ini sangat penting untuk memahami tupoksi setelah dilantik,” kata Danang.


Dia menambahkan, tidak diterima sebagai Palapa dan dukuh jangan berkecil hati karena masih banyak tempat untuk mengabdikan diri kepada masyarakat.

“Semua peserta harus mendukung pamong yang terpilih untuk membangun Margosari menjadi lebih maju dan dirasakan oleh masyarakat,” kata Danang.

Pihaknya akan segera merekomendasikan mengusulkan Palapa dan Dukuh terpilih ke Panewu Kapanewon Pengasih agar segera meneruskan ke Dinas Pemberdayaan Desa dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kulonprogo,  untuk ditetapkan sebagai Palapa dan Dukuh.

“Harapannya pamong yang baru langsung running karena sesuai dengan ekspektasi kami, nilai ujian di atas jauh passing grade. Kepercayaan masyarakat akan lebih tinggi dengan penyelenggaraan seleksi sehingga masyarakat mendukung penuh program-program yang kami laksanakan,” tegas Danang.

Panewu Kapanewon Pengasih, Hera Suwanto, mengatakan Ujian Tertulis pengisian Pamong Palapa dan Dukuh di Pedukuhan Karang Tengah Lor Kalurahan Margosari dilaksanakan secara transparan dan menghasilkan Palapa dan Dukuh terbaik untuk memimpin di wilayahnya.

“Pemerintah Kapanewon Pengasih sangat mengapresiasi hasil kerja tim Panitia Penjaringan dan Penyaringan Palapa dan Dukuh di Pedukuhan Karang Tengah Lor di Kalurahan Margosari maupun pihak ketiga yakni CV Yustisia Dhatri Amarta dari Wates Kulonprogo. Kualitas soal yang cukup bagus, tidak terlalu mudah juga tidak terlalu sulit dengan dilihat dari setiap formasi ada yang masuk passing grade,” kata Hera.

Dia menjelaskan, kapanewon menunggu usulan dari Kalurahan Margosari untuk segera direkomendasikan ke Dinas Pemberdayaan Desa dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kulonprogo, kemudian ditetapkan sebagai Palapa dan Dukuh.

“Penyelenggaraan ujian ke depan lebih excellent apabila tim penguji menggunakan teknologi (test dengan CAT, hasil langsung bisa dilihat/auto correction) sehingga transparansi lebih terjaga,” jelas Hera.

Manajer CV Yustisia Dhatri Amarta (YDA) R Hari Kurniawan didampingi pimpinan CV YDA Rensalia Krisma Rivasiwi menerangkan, ada 19 peserta ujian tertulis pengisian pamong kalurahan yakni Palapa dan Dukuh di Pedukuhan Karang Tengah Lor tersebut.

“Palapa terpilih Ilma Wulan Ramadani dengan nilai 71,3. Dukuh terpilih Pedukuhan Karang Tengah Lor atas nama Merwan Ardi Widanto dengan nilai 65,05. Selanjutnya pamong terpilih diusulkan oleh Lurah Margosari menjadi Palapa dan Dukuh Pedukuhan Karang Tengah Lor Kalurahan Margosari,” terang Hari.

Ketua Panitia Pengisian Pamong Palapa dan Dukuh Pedukuhan Karang Tengah Lor, H Sunarto, mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT atas suksesnya penyelenggaraan ujian tertulis tersebut.

“Ini menjadi bukti dari kebersamaan seluruh komponen pemangku kebijakan baik pemerintah Kalurahan, masyarakat maupun pihak ketiga yakni CV Yustisia Dhatri Amarta (YDA),” kata dia.

Sunarto menegaskan pelaksanaan ujian tertulis sudah sesuai Perda No 10 Tahun 2020 maupun Perbup Nomor 6 Tahun 2021. Disebutkan, panitia harus bekerja sama dengan pihak ketiga dalam pembuatan soal, pengawas ujian maupun koreksi hasil ujian.

“Semua proses tersebut telah dilalui dengan baik, pelaksanaan sangat transparan dan koreksi juga obyektif dengan melibatkan masyarakat,” ucapnya.

Hadir pada pemantauan ujian tertulis pengisian Dukuh di Kalurahan Margosari tersebut Kawat (Kepala Jawatan) Praja Kapanewon Pengasih, Susanti, Kanit Intelkam Polsek Pengasih Toni Suspriyanto, Carik Yoga Nurhidayat Prabawa, Danarta Bambang Wijonarko, Babinsa Serda Gunarko, Bhabinkamtibmas Aiptu Sunu Prasetya Djati. (*)



SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini