Rabu, 27 Okt 2021,


walikota-seindonesia-berkumpul-di-yogyakarta-bahas-smart-cityKota Yogyakarta. (istimewa)


Siaran Pers
Walikota se-Indonesia Berkumpul di Yogyakarta Bahas Smart City

SHARE

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA – Selama tiga hari dimulai Rabu (13/10/2021) hingga Jumat (15/10/2021), walikota se-Indonesia berkumpul di Yogyakarta. Mereka datang guna mengikuti kegiatan Indo Smart City Forum & Expo (ISCFE) 2021 yang diselenggarakan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI).


ISCFE 2021 yang dipusatkan di The Rich Jogja Hotel merupakan satu rangkaian dari kegiatan Rapat Kerja Teknis APEKSI 2021 untuk membahas isu-isu terkini seputar smart City.


Mengusung tema Membangun Ekosistem Smart City Berkelanjutan bagi Penanggulangan Pandemi event yang diselenggarakan PT Garindo Tama bekerja sama dengan APEKSI ini memperoleh dukungan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), FORK4SI (Forum Kadis Kominfo Kabupaten Kota Seluruh Indonesia), Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) maupun APTIKNAS (Asosiasi Pengusaha TIK Nasional).

Ketua Dewan Pengurus APEKSI, Bima Arya Sugiarto, menjelaskan pada kegiatan ISCFE 2021 kali ini juga ditampilkan produk unggulan barang dan jasa dari masing-masing peserta.


Sejumlah tokoh yang dijadwalkan hadir adalah Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Dalam Negeri RI Muhammad Tito Karnavian.

Kemudian, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Komunikasi dan Informasi RI Johnny Gerard Plate, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional RI Suharso Monoarfa, Menteri Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal RI Bahlil Lahadalia serta Ganip Warsito selaku Ketua Satgas Covid-19 Nasional.

Adapun narasumber di antaranya Bima Arya Sugiarto (Walikota Bogor) Haryadi Suyuti (Walikota Yogyakarta), Syarif Fasha (Walikota Jambi), Mohammad Ramdhan Pomanto (Walikota Makassar), Hendrar Prihadi (Walikota Semarang), I Gusti Ngurah Jaya Negara (Walikota Denpasar), Andrei Angouw (Walikota Manado), Genius Umar (Walikota Pariaman), Rahmad Mas'ud Walikota Balikpapan, Ika Puspitasari (Walikota Mojokerto) Deri Asta (Walikota Sawahlunto), Eva Marlina (APJII), Marten Taha (Wakil Ketua APEKSI Bidang Pemerintahan dan Otonomi).

Melengkapi acara ini juga diadakan gowes bareng Tilik Jeron Beteng (Taman Pintar - Taman Sari).

Bima Arya menjelaskan, Smart City merupakan kota yang mampu menggunakan sumber daya manusia, modal sosial dan infrastruktur telekomunikasi modern untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan kualitas kehidupan yang tinggi, dengan manajemen sumber daya yang bijaksana melalui pemerintahan berbasis partisipasi masyarakat.

“Tujuan utama dari pembangunan sebuah Kota Pintar (Smart City) adalah bagaimana kita melestarikan lingkungan, meningkatkan daya saing ekonomi dan membangun masyarakat modern yang madani dengan saling berhubungan antar-sistem dan terpadu untuk semua lapisan masyarakat dan antar-lembaga pemerintahan,” kata Bima Arya Sugiarto.

APEKSI, lanjut dia, berkepentingan memulai kampanye pembangunan perkotaan di Indonesia agar menjadi lebih cerdas dan lebih sukses. Sebuah Kota Pintar harus mampu mendukung masyarakatnya untuk hidup makmur, adil dan sejahtera, terutama beradaptasi di masa New Normal sekarang. (*)


TAGS: APEKSI  walikota 

SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini